TOP, Kemenhub Kembangkan 5 Pelabuhan di Sulteng

TOP, Kemenhub Kembangkan 5 Pelabuhan di Sulteng
Arus balik di Pelabuhan Murhum Baubau. Foto La Ode Aswarlin/Kendari Pos (JPNN group)


JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyelesaikan pembangunan lima fasilitas pelabuhan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Hal itu dilakukan untuk mendukung konektivitas dengan moda transportasi laut dan menggerakkan roda perekonomian di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Lima pelabuhan itu yakni Pelabuhan Maligano, Pelabuhan Wanci, Pelabuhan Bungkutoko, Pelabuhan Molawe, dan Pelabuhan Bau-Bau.

"Pengembangan pelabuhan tersebut dibangun secara multiyears dari dana APBN Kementerian Perhubungan sampai tahun anggaran 2015," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, JA Barata di Jakarta, Rabu (30/3).  

Keberadaan lima pelabuhan itu, sambung Barata diharapkan bisa menjadi penghubung masyarakat di sekitar Provinsi Sulawesi Tenggara dan sekitarnya. Salah satunya yakni menumbuhkan perekonomian dan menekan perbedaan harga antar daerah.

"Dengan pembangunan lima pelabuhan di Provinsi Sulawesi Tenggara ini diharapkan bisa mendorong pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menyediakan sarana angkutan laut yang memudahkan angkutan penumpang dan barang," papar Barata.

Selain itu, pembangunan pelabuhan juga diharapkan bisa meningkatkan konektivitas sebagai upaya mempersatukan Indonesia yang beraneka ragam. Hal itu juga sejalan dengan fokus kerja Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi dan peningkatan kapasitas sarana prasarana transportasi

"Ini sesuai dengan Nawa Cita pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah -daerah dan desa," tandas Barata. (chi/jpnn)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyelesaikan pembangunan lima fasilitas pelabuhan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Hal itu dilakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News