Ingat! Semakin Dilestarikan, Semakin Mensejahterakan

Ingat! Semakin Dilestarikan, Semakin Mensejahterakan
Wakatobi memiliki pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan. Foto: Pelni.co.id

jpnn.com - WAKATOBI - Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut positif semangat Wakatobi untuk menjadi Badan Otorita Pariwisata. Itu adalah pintu menuju pengembangan kawasan yang paling cepat. 

"Saya percaya, selama ini Wakatobi sudah dikembangkan sebagai destinasi wisata. Pak Bupati Hugua juga semangat dan commited di pariwisata," jelas Arief Yahya Menpar RI. 

Jika Hugua sering menyebut dirinya "gila-gilaan" membangun Wakatobi dari nol. Bahkan harus setengah gila kalau tidak mau gagal di tengah jalan. Menpar Arief menyadari itu, bahkan sejak dilantik Oktober 2014 lalu, edisi "gila kerja" juga sudah dijalani di Kemenpar. 

Istilahnya berangkat kantor pagi, pulang sudah pagi lagi. "Saya bercaya: Hasil yang luar biasa caranya pasti tidak biasa. Hasil yang luar biasa hanya bisa didapatkan dengan cara yang tidak biasa," kata Arief Yahya. 

Maknanya sebenarnya sama. Harus banyak terobosan, banyak ide inovatif, yang bisa melompat lebih tinggi, berlari lebih kencang, dan konsisten. "Semangat yang tinggi akan mencari jalannya sendiri untuk sukses! Saya sudah bisa membayangkan, sulitnya dulu ketika mrmulai menempatkan pariwisata sebagai leading sector. Pasti banyak pertentangan, pro kontra, dan sebangsanya. Tapi fase itu sudah dilewati 5-10 tahun silam," ungkap Menpat. 

Yang dibutuhkan saat ini adalah; percepatan! Akselerasi. Toh, ini sudah ada contohnya, Toba, yang skemanya akan dikeroyok lintas kementerian juga. Infrastruktur dasar, jalan, listrik, air, dengan Kemen PU PR, dermaga dan bandara dengan Kemenhub. Konservasi bawah laut dengan KKP dan Kemen LHK. Soal status lahan dengan Kemen Agraria. "BOP inilah yang akan mendata dan mengurus akses dan menjaga atraksi," kata dia. 

Sedang swasta, atau private sector yang akan menanamkan modalnya ke amenitas, seperti hotel, resort, convention hall, golf course, resto, cafe dan transportasi lokalnya. Masyarakat juga akan merima manfaat langsung. Bisa melalui homestay, persewaan mobil motor, pemancingan, sewa perahu, snorkeling diving, supplay makanan minuman, kesenian, pentas budaya, souvenir, mechendising, pemandu wisata dan lainnya. 

"Pesan saya, khusus Wakatobi ini adalah jagalah harmoni dan keselarasan ekosistem alam. Ingat semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan," kata Mantan Dirut PT Telkom ini. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News