Dana Turun, 322 Desa di Aceh Barat Menggeliat

Dana Turun, 322 Desa di Aceh Barat Menggeliat
Uang. Ilustrasi dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Aktivitas masyarakat desa di Aceh Barat langsung bergeliat. Hanya dalam hitungan hari sejak dana desa tahap pertama cair 29 Maret lalu, program masyarakat langsung berjalan. 

Sebanyak 322 Desa di Aceh Barat saat ini sedang melakukan pembangunan jalan desa. Selain itu ada juga yang membangun jalan usaha tani, waduk, irigasi, serta sanitasi air. 

Masyarakat desa-desa pun mendapat limpahan pekerjaan yang secara langsung, sehingga menambah penghasilan sehari-hari.

Wakil Bupati Aceh Barat Rachmat Fitri mengatakan, begitu dana desa 2016 tahap pertama dicairkan dari kas keuangan negara ke kas keuangan Kabupaten Aceh Barat, pihaknya langsung menyalurkan ke rekening-rekening desa. 

"Jadi desa kami langsung kerja. Begitu dana desa ditransfer ke rekening kabupaten, hanya dalam hitungan hari langsung kami transfer ke kas desa. Karena semua persyaratan sudah siap dari awal. Total dana desa tahap pertama sekitar Rp 116 miliar dan langsung kami trasnfer ke 322 desa," ujar Rachmat saat berkunjung ke Kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT), Jakarta, Jumat (8/4).

Wakil bupati yang biasa dipanggil Haji Nanda ini mengatakan, dana desa bagi masyarakat di Kabupaten Aceh Barat merupakan berkah luar biasa. Karena semua masyarakat ikut berpartisipasi dan merasakannya. 

Selain itu, ia juga mengatakan perencanaan pembangunan dengan memanfaatkan dana desa di daerahnya, benar-benar dimulai dari bawah, sehingga hambatan program tidak ada. 

Masyarakat desa aktif berpartisipasi karena musyawarah dimulai dari RT/RW yang menyampaikan usulan program dalam musyawarah dusun. Kemudian dari dusun dibawa ke musyawarah desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News