Bang Uchok Ungkap Penyebab Publik Benci Petugas Pajak

Bang Uchok Ungkap Penyebab Publik Benci Petugas Pajak
Direktur Centre for Budget Analysis, Uchok Sky Khadafi. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Direktur Centre for Budget Analysis, Uchok Sky Khadafi mengatakan terbunuhnya dua petugas juru sita pajak di Nias, Sumatera Utara tak akan terjadi jika Menteri Keuangan (Menkeu) dan Dirjen Pajak telah membenahi jajarannya.

Selama ini, menurut Uchok, masyarakat menilai petugas pajak banyak tidak benar, sehingga saat dua petugas juru sita pajak itu menjalankan tugasnya, turut menjadi korban.

“Kalau Menkeu dan Dirjen Pajak bisa mencegah banyak kebocoran pajak dan membenahi yang korup, saya rasa kejadian Nias tak akan terjadi. Kejadian ini saya pikir karena masyarakat menyamaratakan semua petugas pajak, sehingga saat dua petugas yang hanya menjalankan tugas itu pun jadi korban,” kata Uchok, di Jakarta, Jumat (15/4).

Selama ini, lanjut dia, masyarakat enggan bayar pajak karena melihat uang pajak yang mereka setor tidak digunakan sebagaimana mestinya. Banyaknya kebocoran penerimaan dan penggunaan anggaran negara, hingga kewajiban membayar pajak dirasa seperti bayar upeti kepada preman.

Menurutnya, kalau masyarakat melihat apa yang mereka bayar kepada negara dipakai sebagaimana mestinya, tidak perlu lagi banyak petugas pajak mengejar warga untuk membayar pajak. Karena warga negara dengan suka rela melaporkan penghasilannya dan membayarkan pajaknya.

“Sekarang ini karena melihat petugas pajak hidupnya mewah maka sering membuat masyarakat membenci petugas pajak,” pungkasnya.(fas/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News