Menperin Mundur dari Jabatan karena Panama Papers

Menperin Mundur dari Jabatan karena Panama Papers
Menperin Spanyol Jose Manuel Soria. Foto: Irishtime.com

jpnn.com - MADRID - Satu lagi pejabat terpukul akibat Panama Papers. Dia adalah Jose Manuel Soria. Dia memilih mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri perindustrian (Menperin) Spanyol.

Ini dilakukan Soria setelah dokumen rahasia yang disebarluaskan Konsorsium Jurnalis Investigatif Internasional (ICIJ) mencantumkan namanya sebagai salah seorang klien Mossack Fonseca & Co.

''Saya telah mengajukan surat pengunduran terkait dengan kasus yang melibatkan aktivitas bisnis saya tersebut,'' ungkap Soria dalam jumpa pers.

Meski mundur dari jabatan, Soria menegaskan bahwa dirinya tidak bersalah. Sebelumnya, politikus Partai Rakyat (PP) itu juga mengadakan jumpa pers untuk membela diri. Tetapi, awal pekan ini harian El Confidencial menyebut Soria sebagai pejabat dalam sebuah perusahaan offshore di Panama.

''Jika saya tidak mengambil sikap, masalah ini justru akan merugikan pemerintah,'' ujarnya. Apalagi, saat ini politik dalam negeri Spanyol sedang panas.

Soria menjadi korban paling anyar Panama Papers. Sebelumnya, dokumen rahasia yang mengungkap permainan Mossack Fonseca dan klien-kliennya untuk merekayasa pajak tersebut membuat Sigmundur David Gunnlaugsson melepas jabatannya sebagai PM Islandia.

Selain itu, PM Inggris David Cameron didesak memublikasikan SPT-nya setelah mengaku mendapatkan keuntungan dari perusahaan offshore mendiang sang ayah. (AFP/Reuters/hep/c14/ami/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News