Banjir Juga Tenggelamkan Harga Rumah di Bandung Selatan

Banjir Juga Tenggelamkan Harga Rumah di Bandung Selatan
EVAKUASI: Warga Kecamatan Dayeuhkolot mengevakuasi seorang wanita yang terjebak banjir, Bandung Selasa (23/12). Foto: Mildan/Radar Bandung/JPNN.com

jpnn.com - SOREANG – Banjir yang merendam wilayah Bandung bagian selatan benar-benar membawa kesengsaraan bagi warga setempat. Tidak hanya menggangu aktivitas, genangan air juga membuat nilai aset mereka terus merosot.

Ketua DPP Asosiasi Pengembang Perumahan Rakyat Seluruh Indonesia (AP2ERSI), Ferry Sandiyana mengatakan, rumah dan bangunan di kawasan rendaman banjir mempunyai nilai jual yang rendah dari harga normal. Contohnya di Dayeuhkolot, Bojongsoang dan Baleendah, Kabupaten Bandung.

“Bahkan rumah di kawasan tersebut sangat sulit laku ketika akan dijual,”  tutur Ferry, Senin (18/4).

Dalam kurun lima tahun terakhir, banjir di wilayah-wilayah tersebut cenderung meluas. Hal itu terlihat dari beberapa kompleks perumahan yang sebelumnya bebas banjir, saat ini mulai terendam walaupun dalam skala kecil. Padahal, kebanyakan perumahan yang ada di kawasan tersebut dikategorikan masih baru, sehingga dipastikan saat proses pembangunan masih bebas banjir.

Jika permasalahan banjir dibiarkan berlarut-larut, Ferry khawatir nilai investasi dalam sektor perumahan akan mengalami penurunan. Oleh sebab itu, dia berharap agar pemerintah segera melakukan pembangunan danau retensi.

Ferry berharap warga yang akan dibebaskan tanahnya untuk dijadikan danau retensi ini bisa dengan ikhlas menjual tanahya dengan harga pantas. Jangan sampai, katanya, rencana pembangunan danau retensi ini terhambat dan masalah banjir semakin sulit terselesaikan. (Mld/dil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News