Lanjutkan Aksi Mogok Makan sampai Jokowi Pecat Rini

Lanjutkan Aksi Mogok Makan sampai Jokowi Pecat Rini
Para mahasiswa aktivis Persatuan Aksi Nasional Mahasiswa (Panama) yang menggelar aksi di Yogyakarta untuk mendesak Presiden Joko Widodo agar memecat Rini Soemarno dari posisi menteri BUMN. Foto: Eko S for JPNN.Com

jpnn.com - JOGJA - Sejumlah mahasiswa Yogyakarta yang sejak beberapa waktu lalu mogok makan terus melanjutkan aksi mereka untuk mendesak Presiden Joko Widodo agar memecat Menteri BUMN Rini Soemarno. Kini, para aktivis yang tergabung dalam Persatuan Aksi Nasional Mahasiswa (Panama) itu menggelar aksi mogok makam di halaman DPRD Yogyakarta.

Menurut koordinator aksi Panama, Hendra, aksi mogok yang sebelumnya dilakukan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu akan terus berlanjut sampai Jokowi -sapaan Joko Widodo- mencopot Rini. Hendra menduga Rini bermasalah karena namanya tercantum dalam Panama Papers, atau dokumen tentang klien firma hukum asal Panama, Mossack Fonseca.

"Kami siap bertahan meneruskan aksi mogok makan, sampai Rini Soemarno betul-betul dipecat dan ditangkap. Sebelumnya kami aksi mogok makan di UMY, namun istana belum mendengar sehingga mulai hari ini kami mogok makan di gedung wakil rakyat, DPRD DIY,” katanya melalui layanan pesan singkat, Rabu (20/4).

Hendra menjelaskan, ada lima mahasiswa yang melakukan aksi mogok makan. Yakni Angga, Doni dan Santos dari UMY, serta Pram dari Universitas Widya Mataram dan Edi Manik dari Universitas Teknologi Yogyakarta.

Ia menambahkan, jika Jokowi tak menggubris tuntutan untuk mencopot Rini maka Panama akan melanjutkan aksi mereka di depan Istana Negara.  “Jika masih belum didengar juga kita akan mogok makan di istana Jakarta. Kita percaya Jokowi akan mendengar suara rakyat untuk segera copot Rini Soemarno," sambungnya.(ara/JPNN)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News