FIA Beri Lampu Hijau buat Pirelli, tapi Cuma 25 Hari

FIA Beri Lampu Hijau buat Pirelli, tapi Cuma 25 Hari
Ilustrasi: autosport

jpnn.com - PIRELLI tak bisa lama-lama bersenang hati dengan keputusan FIA memberikan lampu hijau, untuk menggeber serangkaian uji coba prototipe ban yang akan digunakan musim 2017 dan 2018. 

Waktunya tak banyak. Hanya 25 hari, dan harus dilakukan tahun ini. Mereka pun bakal melakukan tes tersebut dengan mobil GP2. 

''Sementara regulasi untuk 2017 masih dibicarakan, kami sudah melakukan banyak hal,'' jelas Paul Hembrey, bos Pirelli, seperti dikutip Autosport. ''Kami sudah membuat set ban windtunnel, simulasi, tes fisik ban di rig indoor, dan sebagainya. Kami juga sudah melakukan uji coba terbatas dengan mobil-mobil GP2 untuk menemukan konsep baru,'' imbuhnya.

Dewan Motorsport Dunia menyebut bahwa Pirelli bisa menggelar tes dengan menggunakan mobil Formula 1 saat ini. Namun, pilihan lantas jatuh pada mobil GP2. Padahal, Hembrey mengakui bahwa spesifikasi yang sangat jauh dari mobil F1 tidak cukup memadai untuk uji coba. 

Pirelli juga menunggu kalau-kalau ada mobil tim yang mau memodifikasi mobil 2015 mereka agar cocok dengan spesifikasi ban baru mereka. ''Ada lima atau tujuh tim yang bersedia memodifikasi mobil lama mereka. Memang butuh effort, karena ban 2017 akan sedikit lebih lebar,'' jelas Hembrey. 

Pirelli, lanjut Hembrey, berusaha memastikan jadwal uji coba mereka. Pabrikan asal Italia itu hanya punya waktu sembilan bulan sebelum uji coba pramusim 2017 untuk melakukan evaluasi. (irr/na)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News