Datang ke Inggris, Barack Obama Beberkan Kecemasan

Datang ke Inggris, Barack Obama Beberkan Kecemasan
Barack Obama. Foto: AFP

jpnn.com - LONDON – Presiden Amerika Serikat Barack Obama tiba di Inggris, Jumat (22/4) kemarin. Pria 54 tahun itu pun langsung menyampaikan pesan penting bagi rakyat Inggris terkait brexit alias rencana Inggris meninggalkan Uni Eropa.

“UE tidak membuat pengaruh Inggris pudar. Sebaliknya, UE justru memperkuatnya,” tulis Obama dalam pesan eksklusif yang disebarluaskan Daily Telegraph kemarin.

Artikel yang terpampang pada halaman 20 koran terbitan Kota London tersebut mengulas tentang Brexit dan referendum pemerintahan Perdana Menteri (PM) David Cameron pada pertengahan tahun nanti.

Obama memberikan judul Sebagai Teman Anda, Saya Berani Mengatakan bahwa UE Telah Membuat Inggris Semakin Besar pada artikelnya. Politikus Partai Demokrat itu berharap, rakyat Inggris memilih no untuk opsi meninggalkan UE.

Sebab, tanpa Inggris, UE tidak akan lagi sama. Ada nada khawatir dalam tulisan Obama tersebut terhadap stabilitas UE tanpa salah satu pilar utamanya Inggris.

Seperti sekutu-sekutu Eropa, AS khawatir jika Inggris benar-benar hengkang dari UE sehingga organisasi terbesar Benua Biru itu kolaps.

“Pengaruh Inggris di dunia sangat besar. Semua lebih kuat berkat UE,’’ lanjut Obama dalam tulisan yang dipublikasikan seiring dengan kehadirannya di Inggris tersebut. (hep/jos/jpnn)

 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News