Rahasia Iriana Jokowi...

Rahasia Iriana Jokowi...
Iriana. Foto: Agus Wahyudi/Jawa Pos

jpnn.com - BLUSUKAN sudah menjadi trademark Joko Widodo (Jokowi). Sejak menjabat wali kota Solo, gubernur DKI Jakarta, hingga presiden, gaya memimpin dengan terjun langsung ke lapangan sudah hal yang biasa buat Jokowi.

Nah, sebagai istri yang mendampingi Jokowi, Iriana pun paham betul dengan kebiasaan suaminya tersebut.

Karena itu, dalam berbagai kesempatan, ibu negara tersebut berupaya menularkan virus blusukan ke berbagai kalangan, termasuk para istri pejabat di pusat maupun daerah. ’’Dengan blusukan, kita bisa lebih dekat dengan masyarakat,’’ ujarnya beberapa waktu lalu.

Ibu dari Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep itu punya pengalaman menarik soal blusukan. Dia mengisahkan, saat presiden melakukan kunjungan kerja ke Papua beberapa waktu lalu, terik mentari terasa begitu menyengat kulit. ’’Sampai ada warga yang bilang saya jadi keling (berkulit gelap),’’ ungkapnya, lantas tertawa.

Meski begitu, Iriana tampaknya santai dengan kondisi kulitnya yang terlihat lebih hitam. Rupanya, nenek dari Jan Ethes Srinarendra itu sudah punya jurus jitu untuk mengembalikan kecerahan kulitnya. ’’Tenang saja, nanti kan bisa dilulur kalau saya pulang ke Solo,’’ ucapnya.

Perempuan kelahiran Surakarta, 1 Oktober 1963, itu menyebutkan bahwa ramuan lulur dari Solo yang tersohor untuk perawatan para putri keraton sejak zaman dulu sangat manjur buat perawatan kulitnya. ’’Karena itu, ibu-ibu pejabat harus semangat ikut turun blusukan ke lapangan,’’ paparnya. (owi/c15/agm)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News