Keindahan Marina Lhok Weng Bakal Hipnotis Para Yachters

Keindahan Marina Lhok Weng Bakal Hipnotis Para Yachters
Sabang Marine Festival 2016, resmi dibuka kemarin. Foto: bpks.go.id

jpnn.com - ACEH - Semakin banyaknya kapal Cruise dan kapal Yacht yang bersandar ke pelabuhan-pelabuhan di Indonesia, membuat pariwisata di Indonesia semakin menggeliat. Salah satunya adalah Pelabuhan Sabang, di ujung utara barat Nangroe Aceh Darussalam. Karena itu, Aceh tengah mempersiapkan event berskala international pada, 26-30 April 2016, besok.

Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Sabang bakal menggelar Sabang Marine Festival (SMF) 2016 yang kedua, di Pulau Weh, Sabang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Reza Fahlevi menyebutkan, kegiatan SMF ini menjadi langkah baik untuk memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Sabang pada masyarakat internasional. 

“Kegiatan Sabang Marine Festival tujuannya memang untuk mengenalkan potensi wisata bahari, khususnya bagi para pelayar dan mempromosikan Sabang sebagai Destinasi Wisata Kapal Yacht. Namanya, Marina Lhok Weng sebagai salah satu destinasi wisata bahari, kami akan buat mereka terpukau kepada keindahan Indonesia," jelas Reza.

Penyelenggaraan Sabang Marine Festival 2016, tambah Reza, tidak hanya berfokus pada kegiatan berbasis laut dan pelayar saja, namun ada serangkaian kegiatan menarik dengan melibatkan masyarakat dan komunitas serta pelayar perahu yacht, tentunya untuk menarik minat wisatawan.

Seperti diketahui, jumlah kunjungan wisatawan ke Sabang semakin meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2015 jumlah kunjungan wisatawan mencapai 629.217 orang terdiri dari 623.635 wisatawan nusantara dan 5.582 wisatawan mancanegara. Untuk Triwulan I (Januari-Maret 2016) jumlah kunjungan telah mencapai 43.486 wisatawan terdiri dari 42.800 wisatawan nusantara dan 686 orang wisatawan mancanegara.

“Target kunjungan dengan adanya penyelenggaraan SMF ini kita perkirakan mencapai 1500 wisatawan, baik dari wisatawan nusantara (wisnus) dan juga wisatawan mancanegara (wisman),” tambahnya.

Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani menyebutkan, pada tahun kedua ini, SMF yang mengangkat tema “Pesona Wisata Bahari Sabang” juga menghadirkan sejumlah kegiatan yang berbasis lokal, seperti permainan interaktif, penampilan budaya, Jelajah Pulau Weh, Sabang dan Tsunami tour di Banda Aceh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News