Pencinta Kuliner, Datang Ya, Kita Pesta Makanan Lokal 3 Hari di Sini

Pencinta Kuliner, Datang Ya, Kita Pesta Makanan Lokal 3 Hari di Sini
Kuliner itu adalah produk budaya yang sudah lama teruji dan turun temurun mempengaruhi tradisi selera lidah orang Bali. Foto: ubudfoodfestival.com

jpnn.com - PULAU Dewata Bali bakal kembali menebarkan pesona budayanya di mata dunia. Kali ini, yang dieksplorasi total adalah keanekaragaman kuliner di pulau yang baru saja dinobatkan sebagai pulau terindah di Asia versi Tripadvisor itu. Ubud Food Festival (UFF) akan menghebohkan Bali dari tanggal 27 hingga 29 Mei 2016, mendatang.

Founder & Director Ubud Food Festival, Janet DeNeefe mengatakan, ini merupakan kali kedua pihaknya mengadakan even tersebut. Perhelatan perdana dilakukan pada bulan Juni, tahun lalu dan sangat sukses dihadiri oleh ribuan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara Indonesia.

Pusat lokasi UFF rencananya akan berada di Taman Kuliner yang dilatar belakangi oleh indahnya lembah Campuhan, berlokasi di Jalan Raya Sanggingan. Salah satu venue bernama Kitchen Stage yang juga terletak di Taman Kuliner akan menjadi saksi juru masak Indonesia dan internasional beradu kreasi dengan sate lilit, bebek goreng, ayam betutu, sambal matah terbaik yang akan mereka iming-iming ke pengunjung.

”Ini yang kedua dan kami akan mengusung tema ‘Go Local’, tema yang akan menjadikan tradisi kuliner Indonesia sebagai bintang utama dalam penjelajahan kuliner. Kami ingin tahu latar belakang, sejarah, dan makna dari budaya serta tradisi kuliner Indonesia. Kami bersama wisatawan akan menelaah, dikupas, dan dikaji oleh chef, pencinta kuliner, dan mereka yang ahli di bidang kuliner sambil menikmati keindahan alam Ubud,” ujar Janet, Senin (25/4).

Bali memang local di Indonesia, hanya satu pulau kecil di tengah bentangan Sabang sampai Merauke. Tapi, lokalnya Bali itu sudah go international. Sehingga konsep “go local” ini bisa dibaca sebagai mengglobalkan kuliner-kuliner Bali. Mempromosikan masakan Bali ke pentas dunia.

Janet menambahkan, sederet nama-nama besar di bidang kuliner Indonesia akan hadir meramaikan kancah kuliner bertajuk UFF itu. Diantaranya adalah, Sisca Soewitomo. Sisca adalah tokoh ahli makanan yang selalu wara wiri di televisi Indonesia dan telah menulis ratusan buku kumpulan resep. Kata Janet, Sisca rencananya akan berbagi cerita seputar karirnya di bidang kuliner yang sudah ditekuni selama lebih dari 40 tahun.

”Selain itu kami juga akan mengundang juru masak Presiden Jokowi, William Wongso. Koki Presiden itu akan meluncurkan bukunya yang berjudul ‘Flavors of Indonesia: William Wongso’s Culinary Wonders’, beliau akan memaparkan perjalanannya melintasi ragam kuliner Indonesia yang begitu kaya di buku ini. Ini akan menambah acara kami semakin menarik,”ujarnya.

Wow, ternyata masih banyak lagi. Janet juga memastikan bahwa Chef, pengusaha, dan figur media seperti Farah Quinn akan hadir di UFF. Juru masak dan jurnalis Petty Elliott dengan keahliannya di masakan Indonesia modern juga sudah confirm meramaikan UFF.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News