Libur Panjang, Pemerintah Antisipasi Macet Parah

Libur Panjang, Pemerintah Antisipasi Macet Parah
Kemacetan di tol Dalam Kota Jakarta. Foto: ilustrasi dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah mengantisipasi agar  kemacetan saat libur panjang beberapa waktu lalu, tidak terulang lagi.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meningkatkan koordinasi dengan sejumlah lembaga. Diantaranya, dengan Polri dan BUMN yang mengelola jalan tol. 

Hal itu penting, mengingat saat libur panjang beberapa waktu lalu kemacetan parah terjadi di sejumlah ruas jalan. Termasuk di ruas jalan bebas hambatan.  

Peningkatan koordinasi antar lembaga dilakukan, karena diprediksi warga akan banyak yang mudik atau sekedar liburan menggunakan kendaraan pribadi. 

”Saat libur panjang pada awal Mei, saya sudah koordinasi dengan Korlantas Polri. Seperti melakukan rekayasa lalu lintas. Serta, meningkatkan koordinasi antara Ditjen Darat, Laut, Udara dan  kereta api,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar, Rabu (27/4). 

Lebih lanjut ia mengatakan, koordinasi terkait arus lalu lintas juga dilakukan kepada Pemda. Serta BUMN sebagai pengelola jalan tol. Infrastruktur  dan pelayanan tol harus diperhatikan.

 ”Dengan peningkatan koordinasi antar lembaga, kami berharap kemacetan parah saat libur panjang tidak terjadi.  Jangan sampai ada macet total,” jelas Pudji. (dai/sam/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News