Ingin Pasang Sambungan Baru Listrik? Ini Penting Diketahui

Ingin Pasang Sambungan Baru Listrik? Ini Penting Diketahui
Petugas PLN. Foto ilustrasi dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ditjen Ketenagalistrikan ESDM dan PT PLN mempermudah layanan untuk masyarakat yang ingin membuat sambungan baru listrik.

Prosesnya hanya  menjadi 25 hari dengan ongkos yang lebih murah. Itu dilakukan supaya peringkat kemudahan berbisnis dan konsumsi listrik per kapita meningkat.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun menjelaskan, kemudahan tersebut bisa didapat karena sudah ada kebijakan layanan satu pintu sambungan listrik.

Prosesnya bisa cepat karena menggabungkan database PLN 123, database Lembaga Inspeksi Teknik Tegangan Rendah (LIT-TR), dan penerbit Sertifikat Laik Operasi (SLO).

’’Kalau butuh sambungan listrik, tidak perlu datang ke kantor PLN. Cukup lewat website pln.go.id atau contact center 123,’’ ujarnya kemarin. 

Seluruh proses akan dilakukan secara online, termasuk pembayaran yang tidak perlu lagi ke petugas. Setelah prosesnya beres, tenggat 25 hari mulai berlaku mundur.

Waktu yang dijanjikan untuk pemasangan tiga kali lebih cepat daripada sebelumnya. Benny menyebutkan, biasanya dibutuhkan waktu rata-rata 79 hari untuk penyambungan baru. 

Meski demikian, kecepatan itu masih belum bisa dirasakan semua pelanggan PLN. Sebab, hal tersebut masih difokuskan untuk pelanggan di Jakarta dan Surabaya.

JAKARTA - Ditjen Ketenagalistrikan ESDM dan PT PLN mempermudah layanan untuk masyarakat yang ingin membuat sambungan baru listrik. Prosesnya hanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News