Pengembangan Dua Bandara Kece ini Sudah Diresmikan

Pengembangan Dua Bandara Kece ini Sudah Diresmikan
Menteri Perhubungan Ignasius Joanan meresmikan pengembangan Bandara DEO Sorong dan Bandara Mopah Merauke. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan hari ini meresmikan pengembangan dua bandara di Papua. Dua bandara itu yakni, pengembangan Bandara Domine Eduard Osok (DEO) di Sorong, Papua Barat peresmian Bandara Mopah Merauke.

Jonan menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur saat ini difokuskan untuk wilayah Timur Indonesia, sebagai wujud nyata dari program Nawacita Presiden Joko Widodo.

"Diharapkan dengan pengembangan Bandara Sorong dan Merauke semakin memberikan arti pemerataan pembangunan yang salah satu cirinya adalah kecilnya disparitas harga antara wilayah Barat dan Timur," ujar Jonan dalam sambutannya saat meresmikan pengembangan bandara, Sabtu (30/4).

Untuk memperkuat tujuan tersebut dan sesuai dengan arahan Jokowi, sambung Jonan akan dilakukan program angkutan udara perintis, khusus kargo di beberapa wilayah Papua dan Papua Barat.

"Untuk kedepannya pembangunan bandar udara dan pelabuhan di Papua akan diperbanyak" tutur mantan dirut KAI ini.

Pengembangan Bandara DEO dilakukan dimulai 2011 hingga awal 2016 dengan total anggaran APBN yang digunakan sekitar Rp 236 miliar.

Sementara, Bandara Mopah, dibangun pada 1943 khusus untuk keperluan darurat perang. Saat ini bandara tersebut melayani penerbangan ke Jayapura, Timika, Makassar, Surabaya serta Jakarta.

Pada 2015 yang lalu, kemenhub merenovasi sekaligus memperluas serta menata ulang gedung terminal menjadi 4.634m2. Kegiatan rehabilitasi dan perluasan gedung terminal Bandara Mopah menghabiskan biaya sekitar Rp 16 miliar. (chi/jpnn)


JAKARTA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan hari ini meresmikan pengembangan dua bandara di Papua. Dua bandara itu yakni, pengembangan Bandara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News