Cara Ini Diyakini Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Buruh

Cara Ini Diyakini Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Buruh
Ribuan buruh saat menggelar aksi demo di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (1/5). Mereka menolak upah murah dan mencabut PP no 78/2015 tentang pengupahan. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah diminta mendorong dan memfasilitasi terbentuknya koperasi karyawan di masing-masing perusahaan. Sebab, koperasi memiliki peranan penting untuk kesejahteraan pekerja.

"Koperasi ini diyakini akan mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui aktivitas usaha yang dilakukan," ujar Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang, Minggu (1/5).

Sarman mengatakan, opini yang dikemukakan telah terbukti. Di beberapa perusahaan yang telah memiliki koperasi, anggotanya mendapatkan bonus tambahan setiap tahun dari hasil sisa hasil usaha yang dibagikan pada setiap rapat tahunan anggota.

"Terobosan seperti ini perlu dilakukan sehingga pekerja tidak hanya menuntut kenaikan UMP setiap tahun yang memberatkan dunia usaha. Akan tetapi menciptakan peluang peluang usaha yang dapat dikelola oleh koperasi karyawan," ujar Sarman.

Sarman berharap, pandangannya bisa benar-benar menjadi perhatian. Sehingga ke depan buruh bisa lebih sejahtera. (gir/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News