Ternyata Sudah Sebegini Pendaftar Cagub DKI dari PDIP

Ternyata Sudah Sebegini Pendaftar Cagub DKI dari PDIP
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Taman Harmoni, Keputih, Surabaya, Minggu (1/5). Foto: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com - SURABAYA - PDI Perjuangan hingga saat ini belum memutuskan nama yang akan diusung pada pemilihan gubernur DKI tahun depan. Namun, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu bukannya tak punya calon.         

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, partainya masih dalam proses penjaringan calon untuk diusung pada pilkada DKI 2017. “Ada 35 orang yang mendaftar,” kata Hasto di Surabaya, Minggu (1/5).

Hasto tak menampik di antara nama itu ada nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Selain itu ada pula nama Bupati Ngawi Budi Sulistyo, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, hingga Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Namun, Hasto menegaskan bahwa upaya menentukan calon untuk diusung pada pilkada DKI itu bukan semata-mata dari figur yang mendaftar. “Kami juga melakukan pemetaan politik,“ tegasnya.

Hanya saja, kata Hasto, beberapa nama yang mendaftar sebagai bakal cagub DKI dari PDIP memang para kepala daerah. PDIP bahkan proaktif mendatangi figur-figur potensial.

“Sebagian dari mereka adalah kepala daerah yang menang di kisaran 80 persen. Yang tidak mendaftar (penjaringan, red), kami yang proaktif,” tegasnya.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, pilkada DKI justru menjadi momentum bagi para kepala daerah asal PDIP untuk beradu gagasan tentang cara mengembangkan provinsi yang juga ibu kota negara itu. Selain itu, PDIP juga melihat keinginan rakyat Jakarta tentang figur gubernur yang akan dipilih nanti.

“Kami tawarkan opsi-opsi ke kepala daerah dari PDIP. Tapi kami juga menjembatani harapan rakyat,” tegasnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News