Begini Mesranya Pemerintah dengan Buruh di Bandung

Begini Mesranya Pemerintah dengan Buruh di Bandung
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - BANDUNG - Kemesraan antara kaum buruh dengan pemerintah juga terlihat jelas dalam perayaan Hari Buruh di Kota Bandung Jawa Barat, Minggu (1/5). Sekitar seribu orang buruh memilih memperingati hari yang populer dengan sebutan May Day ini dengan menghadiri peluncuran program bus gratis milik pemerintah kota setempat di Padepokan Seni Mayang Sunda, Minggu (1/5).

Tidak tanggung-tanggung, acara dihadiri langsung oleh Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Hanif Dhakiri. Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial sebagai tuan rumah tentunya juga hadir.

Bus buruh merupakan satu dari empat program kesejahteraan buruh yang dicanangkan Pemerintah Kota Bandung. Kebijakan lainnya yakni program kredit Melati tanpa bunga dan agunan, perumahan apartemen rakyat, dan program sembako delivery.

“Di Kota Bandung menyejahterakan tidak harus menaikkan pendapatan tetapi bisa juga dengan menurunkan pengeluaran,” ujar Ridwan Kamil.‎

Ridwan Kamil mengungkapkan, ada 7 ribu kredit diberikan kepada masyarakat sejak 8 bulan program Kredit Melati ini diberlakukan. Telah 50 unit apartemen rakyat diberikan kepada masyarakat. Ke depannya, sembako delivery akan segera diberlakukan. Para pekerja nantinya akan dapat menikmati sembako murah dan diantar langsung ke tempat kerja.

“Percayalah bahwa Wali Kota Bandung bersama Wakil Wali Kota sangat menyayangi rekan-rekan buruh. Kami akan melakukan apapun selama dalam koridor hukum untuk menyejahterakan buruh di Kota Bandung,” jelas Ridwan.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung. Ia berharap program ini bisa diikuti oleh daerah-daerah lain.

“Ini adalah inisiatif yang layak untuk didukung dan digaungkan agar daerah-daerah lain bisa melakukan replikasi karena ini hal baik,” ungkap Hanif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News