KAI Akan Genjot Inka Jadi Penyedia Kereta

KAI Akan Genjot Inka Jadi Penyedia Kereta
Ilustrasi. Foto: Radar Surabaya

jpnn.com - JAKARTA- Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengaku belum mengetahui rencana akuisisi PT Inka yang digagas Kementerian BUMN.

Bila akuisisi berjalan mulus tahun ini, Edi memprediksi KAI menjadikan INKA sebagai produsen kereta dan peralatan kereta yang bisa memasok pasar Indonesia dan Asia dalam skala besar.

“Tapi kalau benar jadi akuisisi, saya akan genjot Inka di bawah KAI. Ya, mau saya genjot supaya dia bisa jadi penyedia kereta untuk bukan cuma Indonesia. Indonesia saja di tahun-tahun mendatang akan membutuhkan unit gerbong dan kereta cukup besar. Saya inginnya Inka bisa suplai untuk Asia juga. Taruhlah sekarang assembly, tahun depan harus sudah produksi sendiri,” ujar Edi di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (3/5).

Dengan Inka di bawah KAI, klaim Edi, pengembangan bisnis bisa lebih sejalan mengikuti kebutuhan pengguna atau operator kereta. Alhasil, berbagai kebutuhan kereta dan peralatan bisa dimaksimalkan dari industri dalam negeri.

“Ya mau dijadikan produsen peralatan-peralatan kereta. Jadi tidak perlu impor lagi kalau kita bisa produksi. Pegawai kita bisa jadi lebih banyak, teknologi bagus,” tambah Edi.

“Memang ada kekurangan dalam produk kereta buatan Inka. Berdasarkan kekurangan itu, KAI akan membenahi kualitas produk. Kemampuan Inka masih merangkak karena bermain di mesin saja. Kalau kereta masih oke,” ujarnya. (ers/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News