PLN Tambah Pasokan Daya 60 MVA ke Bukitinggi

PLN Tambah Pasokan Daya 60 MVA ke Bukitinggi
Ilustrasi

jpnn.com - PADANG – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali menambah pasokan daya untuk didistribusikan kepada pelanggan, khususnya di wilayah Sumatera Barat.

Senior Manager Public Relation PLN Agung Murdifi menjelaskaan, tambahan pasokan daya itu diperoleh setelah perseroan berhasil menambah daya Gardu Induk Padang Luar, yang berada di Bukittinggi.

"Dari semula hanya berkapasitas 20 Mega Volt Ampere (MVA) menjadi 60 MVA atau naik tiga kali lipat dari kapasitas semula," ujar Agung dalam siaran persnya, Kamis (5/5).

Dengan masuknya daya tersebut, total kapasitas trafo di GI Padang Luar menjadi 90 MVA. Dengan rincian, trafo I memiliki kapasitas sebesar 60 MVA dan trafo II sebesar 30 MVA. Di mana, beban puncak pada Gardu Induk Padang Luar pada siang hari mencapai 33 MW dan 41 MW pada malam hari.

Agung mengatakan, penambahan daya ini telah dimulai sejak pertengahan April lalu. Diharapkan bisa menambah keandalan listrik untuk pelanggan di Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Pasaman.

Selain menambah kapasitas trafo GI Padang Luar, PLN juga telah menambah jaringan distribusi di daerah tersebut. Dengan adanya penambahan daya dan jaringan distribusi, potensi munculnya pelanggan baru, maupun tambah daya akan semakin banyak, karena keandalan listrik yang makin baik.

"Kami optimistis dengan penambahan daya ini, maka permintaan pelanggan baru akan segera terpenuhi," kata Agung.

Dia menambahkan, meningkatnya keandalan listrik di Sumatera Barat bisa menjadi katalisator bagi industri pariwisata Bukittinggi yang sedang berkembang. (chi/jpnn)

PADANG – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali menambah pasokan daya untuk didistribusikan kepada pelanggan, khususnya di wilayah Sumatera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News