Buka Pelatihan Kepala Daerah, Ini Pesan Luhut

Buka Pelatihan Kepala Daerah, Ini Pesan Luhut
Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi pelatihan kepala daerah yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jakarta.

Karena, paling tidak, dapat menjadi momentum menyamakan visi misi kepala daerah dengan pemerintah pusat. Sehingga program yang ada bisa sejalan.

“Strategi pembangunan bermuara kepada pemerataan. Kepala daerah harus punya pikiran yang inovatif,” ujar Luhut dalam sambutannya pada pembukaan Orientasi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepala Daerah Angkatan ke-2 2016, yang digelar Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BP SDM) Kementerian Dalam Negeri(Kemendagri), Kamis (26/5).

Dalam sambutannya, purnawirawan jenderal bintang tiga ini juga mengingatkan kepala daerah berhati-hati dalam mengemban amanat dan tanggung jawab sebagai pimpinan. 

"Duduk (sebagai kepala daerah,red) tak selamanya, harus juga turun ke bawah. Jangan karena kekuasaan kadang-kadang lupa. Jadi harus membuat nyaman ketika nanti turun. Harus hati-hati, kalau enggak pasti hanyut," ujarnya. 

Menurut Luhut, kepala daerah juga harus menjadi teladan dan berada di garda terdepan dalam memberantas korupsi. "Memang susah, pasti dicari kekurangan. Tapi saya tak khawatir karena melakukan sesuai aturan. Sebagai contoh, saya juga tak pernah kasih perintah yang tak bisa saya lakukan," ujarnya.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengamini pernyataan Luhut. Menurutnya, kepala daerah harus memahami area rawan korupsi, paham masalah pemberantasan narkoba, kesenjangan sosial, radikalisme, terorisme dan area rawan bencana. 

“Kepala daerah dipilih rakyat, harus amanah dan pahami apa yang menjadi aspirasi masyarakat daerah, harus mampu mengorganisir masyarkat di daerah,” ujar Tjahjo.

JAKARTA – Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi pelatihan kepala daerah yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News