Mencekam! Kota 200 Masjid Itu Kini Dikuasai ISIS

Mencekam! Kota 200 Masjid Itu Kini Dikuasai ISIS
ISIS. Foto: www.heraldsun.com.au

Fallujah dahulu adalah kota indah yang menjadi salah satu pusat industri di Iraq. Kota yang didominasi penduduk Sunni itu dijuluki The City of Mosques karena memiliki lebih dari 200 masjid.

Namun, kini surga kecil itu sudah berubah menjadi neraka. Semua berubah sejak saat Perang Iraq mencuat pada 2003. Fallujah adalah salah satu kota yang menjadi medan pertempuran besar-besaran antara pasukan AS dan mantan Presiden Iraq Saddam Hussain.

Sejak Januari 2014 hingga kini, ISIS mengambil alih Fallujah. Selama dikuasai ISIS, Fallujah menjadi kota hantu. Penduduk tidak berani keluar untuk menghindari kebrutalan ISIS.

"ISIS aktif mencari orang-orang yang mengirimkan laporan apa pun keluar dan akan membunuh mereka," ujar analis kebijakan luar negeri dan mantan anggota militer AS Letkol Daniel Davis.

 Kadang kala anggota ISIS menyaru berpakaian seperti militer Iraq untuk mengecoh penduduk. Warga yang tertipu mencoba mencari pertolongan kepada pasukan militer Iraq palsu itu dan berakhir dengan dibunuh.

Salat Jumat selalu diwarnai dengan eksekusi mati. Entah itu dalam bentuk pemenggalan, diledakkan, dibakar, dimasukkan ke kandang bersama binatang buas. (AFP/FoxNews/Rudaw/IBI Times/sha/c4/any/flo/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News