Pesona Indonesia Semarakkan Pesta Kesenian Bali ke-38

Pesona Indonesia Semarakkan Pesta Kesenian Bali ke-38
Bali akan dihebohkan acara Pesta Kesenian Bali yang digelar pada 11 Juni hingga 19 Juli mendatang. Foto: dokumen jpnn

jpnn.com - BALI – Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya, bakal hadir di pembukaan pesta kesenian paling besar, paling lama, paling heboh di Bali yang bakal dilangsungkan 11 Juni sampai 19 Juli 2016. Hampir satu bulan full, non stop setiap malam ada pertunjukan kesenian.

Pesta Kesenian Bali ke-38, yang dipromosikan dalam tittle 38th Bali Art Festival 2016 Karang Awak, Mencintai Tanah Kelahiran di Taman Budaya, Art Center Provinsi Bali.

Menurut Menpar Arief  Yahya, kegiatan yang disupport Pesona Indonesia ini merupakan pesta kesenian dari 9 kabupaten kota se Bali. Beberapa daerah lain, tahun lalu juga ikut tampil, seperti Banyuwangi, NTT, dan lainnya. “Presiden berkenan hadir di acara ini, besok, 11 Juni 2016,” ujar Menpar Arief Yahya yang akan mendampingi Presiden Joko Widodo.

Bali, adalah gate untuk wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia. Sedikitnya 40 persen dari seluruh wisman itu masuk via Bali, baru 30 persen Jakarta dan 20 persen Kepri. Karena itu, Bali adalah pintu masuk yang paling strategis selama ini. “Dan, tiga greater itu terus dipromosikan oleh kemenpar. Sekarang ditambah dengan 10 top destinasi baru,” kata Arief Yahya yang juga terus mempromosikan kegiatan ini melalui media dan outdoor.

PKB ini juga mengukuhkan Pulau Dewata Bali yang tidak pernah sepi memanjakan wisatawan mancanegara (Wisman) maupun wisatawan nusantara (Wisnus). Tidak tanggung-tanggung, pulau terindah di dunia itu akan menyajikan pesta besar hampir satu bulan penuh tanpa jeda.

Pesta tersebut adalah Pesta Kesenian Bali (PKB). Wisman lebih mengenalnya dengan The 38th Annual Bali Art Festival. Bertempat di Taman Budaya Bali, perhelatan tersebut akan dilaksanaan pada tanggal 11 Juni hingga 9 Juli, mendatang.

”Pesta ini selalu dibuka oleh bapak Presiden di tahun-tahun sebelumnya. Ini karena begitu besarnya acara rakyat Bali ini. Acaranya beragam dan bisa membuat wisatawan semakin nyaman di Bali dan semakin terpesona. Masyarakat Bali biasa menyebut dengan panggilan PKB,”ujar Kepala Dinas Pariwisata Bali, AA Gede Agung Yuniartha.

Lebih lanjut pria yang biasa disapa Agung itu mengatakan, PKB merupakan wadah penggalian, pelestarian dan pengembangan seni budaya Bali. Ini penting, dan telah dirasakan memberikan kontribusi dan motivasi yang tinggi kepada masyarakat dalam mengapresiasi dan meningkatkan mutu seni budaya di Bali. “Kekuatan Bali sebagai destinasi wisata adalah budaya. Kalau tidak dipertahankan, dikembangkan, dilestarikan, ini akan bahaya buat masa depan Bali,” kata dia.

BALI – Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya, bakal hadir di pembukaan pesta kesenian paling besar, paling lama, paling heboh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News