Ya Ampun, Ada PNS di Jogja Ketahuan Kencing Sembarangan

Ya Ampun, Ada PNS di Jogja Ketahuan Kencing Sembarangan
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JOGJA – Inspektorat Kota Jogja mengingatkan para pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Budaya itu agar menjaga aturan dan etika di masyarakat. Sebab, kini masyarakat semakin aktif mengadukan kelakuan PNS Kota Jogja yang tak sesuai etika.

Inspektur Pemkot Jogja, Wahyu Widayat menyatakan, jumlah laporan masyarakat tentang PNS yang menyalahi etika semakin banyak. Pada 2015 lalu, Inspektorat Kota Jogja menerima 36 informasi tentang PNS pelanggar etika. Mayoritas informasi itu dari pengaduan warga.

”Laporannya tidak hanya soal pelanggaran disiplin. Etika juga banyak, di antaranya kencing sembarangan,” katanya seperti diberitakan Jawa Pos Radar Jogja.

Bahkan ada juga laporan tentang ulah PNS Kota Jogja yang membuat warga tak nyaman. Bahkan warga sampai merasa jijik.

”Ada juga yang sering meludah sembarang. Mungkin, bagi yang melihat jijik tidak nyaman,” katanya.

Wahyu menjelaskan, dari fakta itu pihaknya menyimpulkan bahwa masyarakat kian aktif. Hal itu mestinya semakin mendorong seluruh abdi negara untuk menjaga nama baik pemerintah.

Hanya saja Wahyu mengakui bahwa PNS pelanggar etika itu tak bisa ditindak. Sebab, pelanggaran etika tak berkaitan dengan Peraturan Pemerintah (PP) 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

”Itu kan tidak termasuk larangan disiplin PNS. Kami harus menindak bagaimana?” ujarnya setengah bertanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News