Tolong..Pura Ini Nyaris Terkikis Abrasi

Tolong..Pura Ini Nyaris Terkikis Abrasi
Pura Bias Saud. Foto: Jawa Pos/JPG/JPNN

BADUNG - Beberapa bangunan di Badung Selatan, Badung, Bali, mengalami abrasi yang luar biasa karena gelombang tinggi pantai. Salah satunya adalah Pantai Batu Belig, Kerobokan, Badung. Pantai itu mengalami abrasi dan satu pura lain di depan Loloan Yeh Poh, yang disebut Pura Bias Saud, diterjang ombak.

Fondasi pura jebol dan nyaris roboh. Namun, sampai saat ini belum ada perbaikan. Pura itu tetap ber­diri, tetapi terlihat mengerikan. Sebab, sejengkal lagi, pura tersebut bisa roboh. Menurut prediksi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, ombak pasang 2,3-2,7 meter telah terjadi beberapa hari lalu.

Bendesa Adat Kerobokan AA Putu Sutarja menjelaskan, pura tersebut adalah milik A A Ngurah Putra dari Kerobokan. Pura itu berada di depan Loloan Yeh Poh. Pemilik pura sengaja belum memperbaiki karena menunggu ombak pantai benar-benar tidak besar.

"Pada 18 Juni ini, pemilik berencana untuk memperbaiki pura. Perbaikannya menunggu gelombang benar-benar tidak besar lagi," jelasnya. (dwi/JPG/c5/diq/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News