Mbak Puan pun Masih Terpesona Foto Bung Karno

Mbak Puan pun Masih Terpesona Foto Bung Karno
Menko PMK Puan Maharani bersama Rektor UGM Dwikorita Karnawati dan wakilnya, Suratman saat melihat foto Bung Karno yang dipajang di Balai Senat UGM, Yogyakarta, Senin (20/6). Foto: Kemenko PMK for JPNN.Com

jpnn.com - MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani tentu sudah akrab dengan berbagai foto atau pun memorabilia tentang kakeknya, Ir Soekarno. Namun, ternyata belum semua foto pernah dilihat Puan.

Salah satu yang baru dilihat Puan adalah foto Bung Karno yang terpasang di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Senin (20/6). Puan hadir di Kampus Biru itu untuk melepas ribuan peserta Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM).

Ada dua foto yang langsung menarik perhatian Puan. Satu foto adalah saat Bung Karno memegang sendok pengaduk semen.

“Ini waktu Bung Karno meletakkan baru pertama,” ujar Rektor UGM Dwikorita Karnawati memberi penjelasan ke Puan. Ada keterangan dalam foto itu.  'Peletakan batu pertama pembangunan Gedung Pusat UGM oleh Presiden RI Ir Soekarno, 19 Desember 1951'.

Sedangkan satu foto lagi ketika Bung Karno meresmikan gedung kampus UGM yang kini menjadi rektorat. Tulisannya adalah Gedung Pusat UGM diresmikan 19 Desember 1959.

Dalam foto kedua, Bung Karno dengan baju kebesarannya menarik tirai sebagai penanda peresmian. Saat itu penarikan tirai masih dilakukan secara manual.(zal/jpg/ara/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News