Cemari Pangandaran, Walhi Desak KKP Bertanggung Jawab

Cemari Pangandaran, Walhi Desak KKP Bertanggung Jawab
Bangkai kapal MV Viking di Pantai Pasir Putih, Pangandaran, Jawa Barat. Foto: radar tasikmalaya

jpnn.com - PANGANDARAN - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat menilai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan kecerobohan dalam penenggelaman kapal MV Viking Lagos di perairan Pangandaran beberapa waktu lalu. Pasalnya, kebijakan Menteri KKP Susi Pujiastuti itu kini malah menyebabkan pencemaran di kawasan wisata pantai Pangandaran.

"Ada kecerobohan dan ketelodaran dari pihak KKP dalam menangani kapal-kapal bermasalah ini," kata Direktur Eksekutif Walhi Jabar Dadan Ramdan ketika dihubungi wartawan, Senin (20/6).

Seperti diketahui, sejak beberapa hari lalu cairan keluar dari lambung bangkai kapal MV Viking yang teronggok di Pantai Pasir Putih. Cairan itu merusak pesisir pantai dan terumbu karang serta mencemari air laut.

Seharusnya, kata Dadan, pihak KKP harusnya memastikan tidak ada material berbahaya tersisa di dalam kapal sebelum ditenggelamkan. Apalagi oleh KKP bangkai kapal tersebut dimaksudkan sebagai monumen memperingati kebijakan tegas pemerintah Indonesia terhadap ilegal fishing.

Dia pun minta KKP bertanggungjawab karena telah mencemari perairan Pangandaran. "KKP harus menangani dan merehabilitasi akibat dari pencemaran MV Viking, segera tangani kerja sama dengan Pemkab Pangandaran," tutup Dadan. (yna/dil/jpnn)


PANGANDARAN - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat menilai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan kecerobohan dalam penenggelaman


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News