Fokus Latihan Pola Serangan

Fokus Latihan Pola Serangan
ILUSTRASI. FOTO: DOK.Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - MANADO - Sebagai Cabang Olahraga (Cabor) yang diharapkan mendulang medali di pentas Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat, Karate terus memantapkan persiapannya menuju PON mendatang. Hal itu terlihat saat sesi latihan di Hall A KONI Sulut, kemarin.

Karate yang mengutus tiga atlet andalannya berlaga di dua nomor yakni kategori Kumite (Fighting), dan kategori Kata (Peragaan jurus karate). Selama Juni memprogramkan latihan pada pola serangan dan bloking (Tangkisan).

"Mereka melatih gerakan tersebut berkali-kali," ucap Pelatih Karate Josis Ngantung seperti dilansir Manado Post (JPNN Group).

Tujuan latihan ini, tambah Ngantung lebih meningkatkan refleks pukulan dan tangkisan atlet saat bertanding nantinya. "Agar atlet dapat dengan tangkas membalas dan menangkis pukulan lawan," lanjutnya.

Begitupun dengan atlet karate kategori Kata, secara berulang-ulang melatih gerakan yang terlihat seperti tarian tapi lebih bertenaga. "Tujuannya sama, agar atlet terbiasa dengan gerakan-gerakan itu," ungkapnya.

Selain itu, atlet melatih daya tahan tubuh mereka dengan berlari keliling sejauh 200 meter sebanyak tiga kali. Dan juga, sprint sejauh 30 meter sebanyak tiga kali.

Program latihan di Minggu ke-3 sampai ke-4, hampir sama dengan minggu I sampai III, hanya saja lebih ditambahkan kecepatan gerakan dari atlet tersebut.

"Kami melatih atlet sebaik mungkin dengan bantuan 4 asisten selama sesi latihan berlangsung,” ujarnya.

MANADO - Sebagai Cabang Olahraga (Cabor) yang diharapkan mendulang medali di pentas Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat, Karate terus memantapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News