Negara Penuh Kejutan di Euro ini, Ternyata Paling Aman di Dunia

Negara Penuh Kejutan di Euro ini, Ternyata Paling Aman di Dunia
Panorama alam di Islandia. FOTO : theeurope

jpnn.com - Bukan Amerika Serikat, bukan pula negara kuasa lainnya yang menyandang predikat sebagai negara teraman di dunia. Justru sebuah negara kecil dengan jumlah penduduk hanya 330 ribu, yang berhasil menjadi negara paling aman. Negara itu adalah Islandia.

Prestasi tersebut setelah The Institute of Economics and Peace (IEP) mengeluarkan Global Peace Index yang memuat daftar negara paling aman sedunia. Keamanan itu didasarkan pada tingkat rendahnya ancaman dan keamanan personal.

Tak hanya itu saja, menurut Travel Leisure, IEP juga menganalisis 24 faktor pendukung keamanan tersebut. Di antaranya kejahatan kekerasan, teror politik, ekspor dan impor senjata, serta populasi narapidana.

Dipilihnya Islandia tak mengagetkan, pasalnya negara ini sudah berada di puncak selama enam tahun berturut-turut. Nilai indeks yang dicapai pun sangat sempurna, yakni 1192. Tak heran jika kemudian hal itu berpengaruh pada meningkatnya kunjungan jumlah wisatawan.

Setelah Islandia, lima posisi teratas negara paling aman diisi oleh Denmark, Austria, Selandia Baru, dan Portugal.

Pencapaian Islandia itu seolah melengkapi deretan prestasi yang sudah digenggam negara yang berada di kawasan Skandinavia tersebut. Yakni tingkat literasi mencapai 99 persen dan jumlah produksi buku per kapita melebihi negara manapun di dunia.

Tidak ketinggalan, prestasi di bidang olahraga, khususnya sepakbola baru mereka catatkan. Secara mengejutkan, setelah lolos untuk pertama kalinya ke babak utama perhelatan Euro, kini langkah mereka tak berhenti di fase grup. Melainkan melaju hingga babak 16 besar.(jpnn/pda)   


Bukan Amerika Serikat, bukan pula negara kuasa lainnya yang menyandang predikat sebagai negara teraman di dunia. Justru sebuah negara kecil dengan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News