Kalteng Digoyang Gempa 5,1 SR, Tidak Potensi Tsunami

Kalteng Digoyang Gempa 5,1 SR, Tidak Potensi Tsunami
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - PANGKALAN BUN – Kawasan Sukamara dan Lamandau di perbatasan Kalimantan Tengah hingga sebagian Kalimantan Barat digoyang gempa berkekuatan 5,1 skala ritcher, Jumat (24/6).

Berdasarkan informasi dari BMKG Stasiun Meteorologi Pangkalan Bun, titik gempa terjadi pada 2,77 Lintang Selatan (LS)-110,09 Bujur Timur (BT). Lokasi tersebut hanya berjarak 128 kilometer dari Kabupaten Sukamara-Kalteng, 141 kilometer Barata Daya Ketapang- Kalimantan Barat, 153 kilometer Barat Daya Lamandau- Kalteng, 315 kilometer Tenggara Pontianak-Kalbar, dan 523 kilometer Timur Laut Jakarta- Indonesia.

Kedalaman gempa mencapai sepuluh kilometer. Gempa yang terjadi sekitar pukul 07:41 WIB itu tidak berpotensi tsunami.

Kepala BMKG Kobar, Stasiun Meteorologi Iskandar Pangkalan Bun Lukam Soleh mengungkapkan, getaran kecil terasa di kawasan Sukamara, Lamdandau. Sedangkan di wilayah Kedawangan Kalbar dilaporkan cukup kuat.

”Info sementara dari pos terdekat gempa terasa oleh masyarakat Sukamara dan Lamandau namun tidak terlalu terasa. Sedangkan di wilayah Kendawang Kalbar informasinya cukup terasa,” ujarnya, kepada Radar Sampit.

Namun, lanjut Lukman, pihaknya hingga kini masih terus menunggu informasi ter-update dari BMKG pusat. Masyarakat diharapkan tetap waspada namun diminta untuk tidak panik.

”Kami juga masih menunggu info terkini dari BMKG pusat. Sebab Kalimantan selama ini dikenal bebas gempa, namun dengan kejadian ini kami masih harus berhati-hati sebelum ada kejelasan data dan juga informasi akurat dari BMKG pusat. Jadi mohon bersabar, tunggu update dari BMKG,” pungkasnya. (sla/jos/jpnn)


PANGKALAN BUN – Kawasan Sukamara dan Lamandau di perbatasan Kalimantan Tengah hingga sebagian Kalimantan Barat digoyang gempa berkekuatan 5,1


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News