Puncak Mudik, Permintaan BBM Naik 150 Persen

Puncak Mudik, Permintaan BBM Naik 150 Persen
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan, sebanyak 107 ribu kiloliter bahan bakar jenis premium mungkin dibutuhkan pada H-4 Lebaran. Saat puncak arus mudik, konsumsi premium diprediksi meningkat 150 persen.

Sedangkan pertamax diperkirakan meningkat 128 persen. ’’Permintaan yang paling favorit, pertalite, naik 200 persen,” katanya saat meninjau Terminal BBM Cikampek kemarin (24/6).

Sudirman meminta Pertamina mengantisipasi perubahan pola konsumsi BBM di jalur mudik karena infrastruktur baru seperti jalan tol. Persediaan perlu segera dipersiapkan. Sebab, arus mudik diprediksi mulai sepekan mendatang.

Dalam kunjungan tersebut, Sudirman mengaku puas dengan upaya Pertamina mengurangi kemacetan karena antrean BBM di rest area jalan tol. Pertamina mengelurakan pertamax botolan. Dengan demikian, waktu antre lebih singkat.

Selain itu, Pertamina menyiagakan truk-truk tangki BBM di dekat SPBU sebagai cadangan penyangga. Selama ini Pertamina selalu sulit mengisi ulang stok di SPBU karena truk tangki BBM terjebak kemacetan.

Pertamina memiliki sistem pemantau pasokan BBM secara real time. Jadi, persediaan dapat lebih cepat diantisipasi ketika permintaan BBM di SPBU melonjak. Dalam beberapa hari terakhir, Pertamina juga melakukan stock built-up untuk persiapan mudik.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang menambahkan, Pertamina memiliki satgas pemantau pasokan BBM dan avtur. Tim itu bertugas memonitor stok BBM dan avtur di seluruh terminal BBM, SPBU, dan SPBBE di jalur mudik utama selama 24 jam.

Pertamina juga menyiapkan titik-titik SPBU kantong di wilayah mudik. ’’Selain itu, Pertamina dan Polri telah mempersiapkan contraflow khusus untuk kendaraan tanki BBM dan elpiji,’’ ungkap Abe, sapaan Ahmad Bambang.

JAKARTA – Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan, sebanyak 107 ribu kiloliter bahan bakar jenis premium mungkin dibutuhkan pada H-4 Lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News