Enggan Adu Penalti, Quaresma Bawa Portugal Jumpa Polandia di Perempat Final

Enggan Adu Penalti, Quaresma Bawa Portugal Jumpa Polandia di Perempat Final
Portugal melaju ke perempat final Euro 2016 usai menyingkirkan Kroasia lewat gol tunggal Quaresma. FOTO: UEFA

jpnn.com - LENS - Portugal memastikan diri melaju ke perempat final Euro 2016 dan berhadapan dengan Polandia. Kepastian itu didapat usai menyingkirkan Kroasia lewat gol tunggal Ricardo Quaresma pada menit ke-117. 

Portugal dan Kroasia harus melanjutkan laga hingga babak perpanjangan waktu setelah dalam 2 x 45 bermain imbang tanpa gol dan tanpa tembakan on target

Babak pertama perpanjangan waktu pun situasi masih sama. Meski Kroasia memiliki sejumlah peluang, tapi tak menemui sasaran. Portugal juga hanya sesekali melakukan serangan balik. 

Pada babak kedua perpanjangan waktu, pertandingan jauh lebih menarik. Kroasia mampu membuat Portugal kewalahan. berkali-kali gawang Rui Patricio mendapat ancaman dari open play maupun sepak pojok. 

Akan tetapi, keberuntungan ternya berpihak kepada Selecao das Quinas - julukan Portugal. Tiga menit sebelum babak perpanjangan waktu berakhir dan berarti harus dilakukan adu penalti, Quaresma mampu menjebol gawang Danijel Subasic. Ini menegaskan bahwa Portugal enggan untuk melakukan adu penalti. 

Gol Portugal bermula dari skema serangan balik. Sebelumnya gawang Portugal mendapat ancaman dari Kroasia. Sebuah sundulan dari Ivan Perisic hanya menemui mistar gawang. Sejurus kemudian, Portugal melakukan counter attack dan diawali dengan Renato Sanches menggiring bola. 

Dia kemudian memberikan bola kepada Nani di sisi kanan pertahanan Kroasia. Nani melihat Ronaldo bergerak di sisi kiri pertahanan Kroasia dan langsung memberikan umpan datar. Tembakan Ronaldo masuk ditepis Subasic. Tapi, bola rebound langsung disambar Quaresma lewat sundulan dan Portugal unggul 1-0. 

Gol tersebut tak lepas dari lengahnya pertahanan Kroasia yang ikut asyik membantu serangan sehingga Quaresma tak mendapat penjagaan. Bagi Ronaldo, itu menjasi satu-satunya tembakan yang dia lalukan dan masih bisa digagalkan oleh kiper Kroasia. Tapi, Dewi Fortuna menaungi Portugal karena bola rebound mampu dimanfaatkan oleh Quaresma. 

LENS - Portugal memastikan diri melaju ke perempat final Euro 2016 dan berhadapan dengan Polandia. Kepastian itu didapat usai menyingkirkan Kroasia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News