Mudik ke Pati? Ini Dia 10 Destinasi Paling Keren

Mudik ke Pati? Ini Dia 10 Destinasi Paling Keren
Pantai Banyutowo Foto: Instagram/umarsagaf

jpnn.com - PATI – Apa sih Top of Mind Anda terhadap Kab Pati? Tempat lahir banyak tokoh nasional, seperti K.H. Sahal Mahfudz, Kwik Kian Gie, Marwan Ja'far (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi 2014–2019), Komjen Pol Budi “Buwas” Waseso (Kepala BNN), Ulil Abshar-Abdalla (Tokoh Islam Liberal), H. Muhammad Zuhri (Budayawan) dan lainnya. Pati sering disebut terkait dengan asal tokoh-tokoh yang menjadi news maker dan nara sumber media itu. 

Selebihnya? Pati hanyalah daerah kecil, daerah pertanian, luasnya tidak sampai 1.500 kilometer persegi. Namun, saat mudik Lebaran, banyak tokoh yang pulkam ke Pati. Lelu ke mana mereka harus pergi? Berjalan-jalan menghabiskan liburan Lebaran 2016 ini?

‘’Kami punya 10 daftar lokasi wisata yang perlu dikunjungi, semampang punya waktu longgar di Pati. Ada wisata alam, wisata religi, dan wisata sejarah di sana,’’ jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya. Silakan menemukan sensasi Pati dalam bingkai Pariwisata.(jpnn) 

Silakan eksplorasi melalui 10 titik #PesonaLebaranPati #PesonaKulinerPati #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia.

1. Air Terjun Grenjengan Sewu
Air terjun yang terletak di Desa Jeahi, Kecamatan Gunungwungkal ini memang menyuguhkan keindahan yang mempesona. Guyuran air yang jatuh dari ketinggian 75 meter, membuat Anda tak akan bisa berkata-kata untuk mengungkapkan keindahannya.
Air yang jatuh dari puncak air terjun ini juga tidak akan berkurang debitnya meski musim kemarau datang. Jadi jangan sampai Anda tidak datang ke sini bila sedang berada di Pati.

2. Air Terjun Tadah Hujan
Air Terjun Tadah Hujan adalah air terjun setinggi 75 meter yang sering di singgahi para muda mudi Pati yang sedang memadu kasih.
Lokasinya yang di apit oleh tebing di kanan kirinya menimbulkan suasana yang tenang dan romantis. Selain itu tak jauh di sebelah bawah tersedia sebuah kolam renang berair jernih.

3. Air Terjun Santi
Tidak hanya satu, namun bila datang ke desa  Gunungsari kecamatan Tlogowungu ini Anda akan disuguhkan dua air terjun sekaligus. Air terjun pertama dinamakan ‘Teretes’ yang letaknya berada di sisi sungai. Sedangkan air terjun kedua dinamai ‘Jenar’ berada di sebelah atas dari air terjun pertama. Komplek air terjun terletak di tengah-tengah perkebunan kopi milik warga dan agak jauh dari jalan raya.

4. Gua Pancur
Goa Pancur adalah goa alam yang terletak di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Goa ini memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu berupa stalagtit dan stalagmit yang ada di sepanjang goa.
Namun yang perlu Anda ketahui bahwa di dalam goa ini juga terdapat aliran sungai yang kedalamannya bisa mencapai pinggang orang dewasa.
Anda dapat menggunakan jasa pemandu wisata lokal agar dapat menunjukkan jalan yang aman serta dapat menceritakan berbagai hal yang ada seputar Goa Pancur ini.

PATI – Apa sih Top of Mind Anda terhadap Kab Pati? Tempat lahir banyak tokoh nasional, seperti K.H. Sahal Mahfudz, Kwik Kian Gie, Marwan Ja'far

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News