Marwan Ajak IDB Kembangkan Keuangan Inklusi Syariah di Desa


Marwan Ajak IDB Kembangkan Keuangan Inklusi Syariah di Desa

Marwan Jafar. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - ‎Islamic Development Bank (IDB) sepakat membangun kerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) untuk mengembangkan sistem keuangan inklusi Syariah di Desa. 

Rencananya, kerja sama akan ditandatangani langsung Presiden Direktur IDB Dr. Muhammad Ali Al Madani di Jakarta, awal Agustus mendatang.

"Ada ‎tiga hal yang ditawarkan IDB untuk dikerjasamakan dengan Kementerian DPDTT. Yaitu, zakat, wakaf, mikro finansial atau keuangan inklusi syariah. Semuanya didedikasikan untuk pengentasan kemiskinan dan pemerataan keadilan ekonomi di pedesaan," ujar Marwan, Jumat (1/10).

Menurut Marwan, Presiden Direktur IDB mengaku sangat senang bisa bekerja sama untuk pertama kalinya dengan Kementerian DPDTT. Apalagi semuanya didedikasikan untuk pengentasan kemiskinan dan pemerataan keadilan ekonomi di pedesaan.

Mantan anggota DPR ini menambahkan, sistem keuangan inklusi Syariah bisa menjadi senjata yang ampuh dalam mengatasi masalah kesejahteraan maupun kemiskinan serta kesenjangan sosial yang saat ini terlihat jelas di kawasan pedesaan.


"Kesejahteraan bisa didapatkan dengan membuka akses keuangan dan industri yang menjadi inklusif, tidak hanya memudahkan pemerintah pusat saja, namun juga pemerintah daerah. Untuk itu dibutuhkan konsep Islamic micro finance," ujar Marwan.(gir/jpnn)


JAKARTA - ‎Islamic Development Bank (IDB) sepakat membangun kerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News