Wahai Para Kepala Daerah, Simak Pesan Menteri Siti Ini

Wahai Para Kepala Daerah, Simak Pesan Menteri Siti Ini
Kebakaran hutan dan lahan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengingatkan kepada gubernur, pemerintah daerah dan perusahaan serta Unit Pelayanan Terpadu (UPT) untuk waspada kebakaran hutan dan lahan.

Menurut data KLHK, hotspots dari NOAAH 18 dan 19  yang datanya semula tidak sama mulai dikomunikasikan ke pusat data ASEAN Specialized Meteorological Centre (ASMC) di Singapura.

 Indonesia  juga membangun alat monitor hot spots sebagai kontrol hasil kerja bersama antara BMKG, LAPAN dan KLHK.

" Dalam libur cuti bersama Manggala Agni, saya sudah buat piket di daerah - daerah rawan kebakaran. KLHK  juga piketkan pejabat esselon 1 dan 2 untuk monitor kantor tiap hari secara bergiliran," ungkap Siti dalam keterangan persnya.

Menurut Siti, kebakaran ada di beberapa tempat di Riau dan Sumatera Selatan. Itu terjadi karena ada pelaku yang membakarnya. Namun, dia belum memerinci identitas para pelaku tersebut.

" Api diupayakan terus untuk dimatikan baik di Riau dan Sumatera Selatan, pembakarnya terlihat dan langsung kami kejar. Pembakar di Rokan Hilir Riau pun masih diburu,” imbuhnya.

Sementara itu, imbuh Siti, pelaku  yang membakar hutan di Bayung Lencir Sumatera Selatan, sudah ditangani di Polsek setempat.

“Sedangkan di Kalsel, saya masih monitor terus kegiatan harian patroli terpadu Satuan Tugas Karhutla  di daerah," kata Siti.

JAKARTA--Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengingatkan kepada gubernur, pemerintah daerah dan perusahaan serta Unit Pelayanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News