Gagak Belajar Paling Baik dari Teman-temannya, Ini Buktinya...

Gagak Belajar Paling Baik dari Teman-temannya, Ini Buktinya...
Semakin baik hubungan antar manusia akan menghasilkan aliran informasi yang lebih efektif. Hal ini juga berlaku pada gagak. Foto: Ipek G. Kulahci/University of Vienna

jpnn.com - WINA - Bagi gagak, proses belajar adalah bagian dari kegiatan sosial yang ditentukan oleh rekan terdekat dari gagak tersebut.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Royal Society Open Science mengungkapkan pentingnya ikatan sosial yang kuat terhadap proses belajar.

Gagak mempelajari sejumlah hal - baik itu tentang makanan, predator ataupun lingkungan sosial - paling baik melalui kawan-kawannya.

Untuk mengamati bagaimana relasi gagak ini mempengaruhi proses belajar, sebuah tim peneliti yang berasal dari Eropa dan Amerika Serikat menggunakan metode analisis yang dirancang untuk mempelajari perilaku dan jejaring sosial manusia.

Pada level dasar, pembentukan kultur dan tradisi sosial bergantung pada perpindahan informasi dari satu individu ke individu lainnya. Semakin intim hubungan yang dijalin maka semakin efektif pula aliran informasi yang diberikan. Hal tersebut ternyata berlaku pula untuk gagak.

Para peneliti mengamati bahwa perilaku kekerabatan - bertengger bersebelahan dan melicinkan bulu dengan paruhnya, berbagi makanan dan obyek lain - menunjukkan kerabat mana yang menjadi sumber gagak untuk belajar. Ketika dihadapkan pada tugas-tugas yang baru, sebuah teki-teki atau permasalahan dengan hadiah makanan, gagak hanya melihat kerabat terdekatnya untuk mendapatkan wawasan mengenai pemecahan masalah. 

“Di setiap kelompok, sebuah jaringan pengamatan terkait penyelesaian tugas berbasis pada siapa mengamati siapa memberikan korelasi yang kuat terhadap jaringan yang berbasis interaksi dan jarak kekerabatan,” tulis para peneliti tersebut.(ray/jpnn)

WINA - Bagi gagak, proses belajar adalah bagian dari kegiatan sosial yang ditentukan oleh rekan terdekat dari gagak tersebut. Sebuah studi yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News