Produk Lokal Dipersiapkan Geser Pasar Komoditi Impor

Produk Lokal Dipersiapkan Geser Pasar Komoditi Impor
Menteri Perdagangan Thomas Lembong (kiri) bersama CEO PT Paskomnas Indonesia, Hartono Wignjopranoto (dua dari kiri) pada suatu kesempatan

jpnn.com - JawaPos.com JAKARTA - Peluang produk lokal untuk menggeser bahan dasar yang dimpor untuk kebutuhan menu di kafe, restoran dan hotel kini terbuka lebar. 

Peluang itu terbuka seiring dengan disediakannya layanan pasar induk berbasis online. 

CEO PT Paskomnas Indonesia, Hartono Wignjopranoto mengakui, pertumbuhan bisnis kafe dan restoran di Tanah Air memang belum membawa dampak positif bagi petani sayur dan buah di Indonesia. 

Sejauh ini kata dia, bahan komoditi impor masih menjadi andalan sebagai bahan dasar menu di kafe, restoran, serta hotel.

Yang menjadi alasan adalah kualitas adalah alasan utama mengapa mereka mengandalkan bahan pangan impor untuk disajikan kepada konsumen. 

"Padahal kualitas bahan pangan lokal saat ini sudah bisa disejajarkan dengan bahan pangan import. Selain kualitas, secara harga pun bahan lokal tentunya jauh lebih murah dan mampu menekan food cost mereka. " kata Hartono kepada wartawan Jumat (22/7). 

Saat ini komoditi sayur dan buah lokal secara kualitas sudah bisa dikatakan sama dengan kualitas impor. Bahkan beberapa hotel dan restoran bertaraf internasional telah mejadi pelanggan paskomnas. 

"saya berharap agar semakin banyak masyarakat pelaku bisnis kuliner dan juga asosiasi yang menaungi pengusaha pengusaha restoran dapat memberikan dukungannya terhadap petani lokal untuk membeli dan menggunakan bahan baku lokal “ tutur Hartono. 

JawaPos.com JAKARTA - Peluang produk lokal untuk menggeser bahan dasar yang dimpor untuk kebutuhan menu di kafe, restoran dan hotel kini terbuka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News