Demi Hal Terbaik Ini, 10 PNS ‎Belajar ke Korsel

Demi Hal Terbaik Ini, 10 PNS ‎Belajar ke Korsel
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - SEOUL - Tim aparatur lintas kementerian/lembaga dari Indonesia ke Seoul Korea Selatan untuk mempelajari sistem e-government,. Tim yang terdiri dari sepuluh PNS tersebut juga tengah mempelajari struktur kelembagaan dan teknologi sistem informasi nasional Korea.

Selain itu, juga mengenal lebih jauh penerapan sistem e-government di pemerintahan Korea.

"Pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas tata kelola pemerintahan berbasis elektronik ini sangat bagus. Selain belajar bagaimana rumusan kebijakan nasional e-government di Korea, juga mendalami bagaimana implementasinya di lapangan hingga Korea menjadi negara terbaik di dunia dalam e-government," ucap Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB, Senin (25/7).

Dia menambahkan, selain memberikan masukan bagi perumusan kebijakan nasioanal e-government, hasil dari pelatihan ini diharapkan bisa memacu implementasi e-government di lingkungan KemenPAN-RB, hingga menjadi role model nasional.

"Pak MenPAN-RB seringkali mengatakan, KemenPAN-RB harus terdepan menjadi teladan dalam pelaksanaan e-government," tutur Herman.

Gerry Firmansyah, Ketua Tim Sekretariat Dewan Teknologi, Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pemerintah yang saat ini sedang merumuskan kebijakan nasional e-government atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Korea Selatan merupakan negara rangking satu selama tiga kali berturut-turut menurut index e-government yang dilakukan oleh UN. Karena itu, pelatihan di Korea Selatan ini sangat produktif.  Dapat memberikan masukan yang positif bagi rancangan Perpres tentang SPBE yang sedang dipersiapkan oleh KemenPAN-RB," ungkap Gerry. (esy/jpnn)


SEOUL - Tim aparatur lintas kementerian/lembaga dari Indonesia ke Seoul Korea Selatan untuk mempelajari sistem e-government,. Tim yang terdiri dari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News