Wali Kota Ini Dorong Penerapan Pendidikan Berbasis IT

Wali Kota Ini Dorong Penerapan Pendidikan Berbasis IT
Wali Kota Pangkalpinang, di Provinsi Bangka Belitung (Babel), Muhammad Irwansyah. FOTO: Radar Bangka/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wali Kota Pangkalpinang, di Provinsi Bangka Belitung (Babel), Muhammad Irwansyah menyatakan penggunaan teknologi informasi (IT) sangat menentukan keberhasilan proses belajar dan mengajar. Karena itu, dia  mendorong terlaksananya pendidikan berbasis IT bagi siswa di Pangkalpinang.

"Kemajuan teknologi informasi harus digunakannya untuk memodernisasi pendidikan di Pangkalpinang mulai dari SD hingga SMA," kata Irwansyah, dalam rilisnya, Senin (25/6).

Di Pangkalpinang lanjut walikota yang berusia 33 tahun itu, pendidikan berbasis IT dimulai sejak tahun ajaran 2014-2015 bagi semua pelajar SMP dan SMA. Targetnya imbuh Irwansyah, akhir tahun 2016 ini semua pelajar SMP dan SMA sudah akrab belajar dengan IT.

"Pada 2017 nanti, pendidikan berbasis IT akan berjalan di semua SD," ujarnya.

Salah satu sekolah yang sudah menerapkan pendidikan berbasis IT secara penuh kata Irwansyah, adalah SMAN 3 Pangkalpinang. "Gurunya memanfaatkan IT untuk menunjang pembelajaran dengan mengajak siswa mendownload aplikasi school media dan edmodo," jelasnya.

Hal tersebut dibenarkan Kepala SMAN 3 Pangkalpinang, Kunlistiani. Menurutnya, aplikasi tersebut tak hanya dimanfaatkan oleh guru dan siswa saja, namun juga orangtua.

"Bahkan, untuk ujian kenaikan kelas (UKK), kami sudah pakai aplikasi ini, dari kelas X sampai kelas XII," ungkapnya.

Menurutnya, siswa dapat mengerjakan ujian kenaikan kelas dengan menggunakan ponsel android atau laptop. "Bagi siswa yang tak memiliki keduanya, dapat menggunakan fasilitas lab komputer milik sekolah," ujarnya.

JAKARTA - Wali Kota Pangkalpinang, di Provinsi Bangka Belitung (Babel), Muhammad Irwansyah menyatakan penggunaan teknologi informasi (IT) sangat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News