IFKA Berdiri, Target Loloskan Karateka ke Olimpiade 2020

IFKA Berdiri, Target Loloskan Karateka ke Olimpiade 2020
Deklarasi IFKA. Foto: IFKA

jpnn.com - JAKARTA – Para atlet dan penggemar karate full contact kini bakal lebih terorganisasi. Pasalnya, olahraga itu kini sudah punya wadah resmi yakni  Indonesia Fullcontact Karate Association (IFKA).

Organisasi itu dideklarasikan di Cafe D*Light, Jalan Mandala, Jakarta‎ Barat, Selasa (26/7). IFKA bakal menjadi tempat bernaung para penggemar karate full contact yang sangat banyak.

"Karate yang tidak fullkontak organisasinya Forki. Yang fullkontaknya belum ada, tapi banyak peminatnya, makanya kita dirikan IFKA ini," kata Ketum IFKA Monang Tambunan saat deklarasi.

Monang menambahkan, perkembangan karate full contact di Indonesia tak lepas dari pesatnya teknologi. Dengan perkembangan teknologi, para penggemar bis melihatnya di negara asal yakni Jepang.

"Kami lihat banyak yang suka olahraga ini. Karena sering melihat tayangan olahraga dari negara Jepang, karena Jepang memang negara asal olahraga ini," ucap Monang.

Menurutnya, karate full contact sangat populer di Jepang karena ada sekitar 200 klub. Nah, setelah IFKA berdiri, pihaknya akan segera menyusun kepengurusan di tingkat daerah.

Dalam waktu dekat pihaknya akan membentuk pengurus di dua pulau. "Secepatnya kita bentuk pengurus daerah (Pengda) di Pulau Jawa dan Bali," katanya.

Monang bertekad bisa mengirimkan atlet dari IFKA ke Olimpiade 2020 di Tokyo. "Kalau bisa tembus olimpiade, otomatis olahraga ini bisa dipertandingkan di Asian Games, SEA Games, PON ataupun PORDA," tandasnya. (jos/jpnn)


JAKARTA – Para atlet dan penggemar karate full contact kini bakal lebih terorganisasi. Pasalnya, olahraga itu kini sudah punya wadah resmi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News