Kenangan Pak Luhut Tentang sang Ayah yang Sopir Bus

Kenangan Pak Luhut Tentang sang Ayah yang Sopir Bus
Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Keluarga Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan merupakan teladan yang bagus tentang kerja keras, etos kerja dan dedikasi tinggi.

Sang ayah Bonar Pandjaitan bukan berasal dari keluarga konglomerat. Bonar pernah bekerja sebagai sopir bus. Namun, keinginan besar untuk maju membuat Bonar ikut kursus Bahasa Inggris.

Bonar pun mendapat beasiswa pendidikan di Cornell University, AS. ”Barangkali orang Indonesia pertama yang sekolah di Cornell. Hebat juga lah bapak kami,” candanya lantas tertawa.

Sementara itu, sang ibu Siti Frida Naiborhu adalah ibu rumah tangga. Pendidikan Siti juga tak setinggi Bonar. Namun, Siti dan Bonar ternyata bisa mengubah nasib lewat usaha pantang menyerah.

”Ibu saya tidak tamat SD. Tapi, lebih hebat lagi beliau karena melahirkan dua (mantan) Dubes. Saya di Singapura, Kartini (Nurmala Kartini Sjahrir) di Argentina. Saudara kandung saya yang lain juga pendidikannya baik. Ya, itulah keluarganya, lantas beranak pinak sekarang ini,” imbuh suami Devi Simatupang itu. (gen)

JAKARTA – Keluarga Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan merupakan teladan yang bagus tentang kerja keras, etos kerja dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News