Soto dan Sate Padang Dulu sebelum Membalap di Tour de Singkarak

Soto dan Sate Padang Dulu sebelum Membalap di Tour de Singkarak
Soto dan Sate Padang Dulu sebelum Membalap di Tour de Singkarak

jpnn.com - PADANG – Penyelenggara Tour de Singkarak (TdS) 2016 cukup pintar memopulerkan masakan khas nusantara. Pada 3-4 Agustus atau jelang even TdS 2016, para peserta balap sepeda internasional itu disuguhi soto dan sate padang.

Dua kuliner lezat itu menjadi santapan pembuka Festival Kuliner Soto serta Sate Nusantara yang ikut meramaikan momentum TdS 2016 ini. “Bagus, sambil mempromosikan kuliner Indonesia yang enak,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Padang memang dikenal dengan makanan khasnya. Terutama rendang, yang oleh CNN Travel dinobatkan dalam World’s 50 Best Foods.

Merujuk daftar itu, rendang tercatat berada pada nomor 11 dari 50 masakan paling heboh di dunia. “Kalau soal kuliner, Padang memang harus diakui, salah satu jagoan kuliner. Rendang sudah membuktikan itu. Tetapi soto dan sate padang juga cukup kuat memberi kesan kuliner enak di Indonesia,” papar Arief.

Menteri asal Banyuwangi itu belajar dari Thailand yang paling sukses berpromosi dengan lidah dan rasa. Restoran Thai sudah merambah lebih dari 6.000 gerai di dunia. Prosesnya cepat, mudah, bisa distandarisasi, instan, dengan bumbu-bumbu yang sama.

“Rendang itu tidak mudah membuatnya, juga tidak bisa cepat. Harus melalui proses pemanasan yang lama dan tidak praktis membuatnya. Tapi kalau rasa, rendang memang oke,” kata menteri yang juga penyuka kuliner di daerah-daerah itu.

Semua kuliner lezat tadi langsung disuguhkan kepada peserta TdS yang sudah tiba di Padang. Di Festival Kuliner Soto serta Sate Nusantara 2016, sudah ada 30 booth makanan yang berjejer di sepanjang Jalan Samudera di tepi Pantai Padang. Semuanya diisi masakah khas daerah seperti soto dan sate.

"Kami memang sengaja mengangkat festival kuliner di tengah even sport tourism berskala internasional seperti Tour de Singkarak. Dua-duanya saling melengkapi. Promosinya jadi efektif," terang Raseno Arya, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Persona Kemenpar, Rabu (3/8).

PADANG – Penyelenggara Tour de Singkarak (TdS) 2016 cukup pintar memopulerkan masakan khas nusantara. Pada 3-4 Agustus atau jelang even TdS

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News