Megawati Ingin Indonesia Punya Kebun yang Luas

Megawati Ingin Indonesia Punya Kebun yang Luas
Megawati, di sela acara ‘Tour of Eka Karya Botanical’, di Kebun Raya Bedugul, Bali, Sabtu (6/8). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - BALI - Perhatian Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri terhadap tanaman didedikasikan dengan pengabdiannya sebagai Ketua Umum Yayasan Kebun Raya Indonesia. 

Melalui wadah itu, Megawati bisa mendorong dan menjaring berbagai pihak untuk telibat mengembangkan kebun raya. Bu Mega juga punya impian besar. Dia ingin, Indonesia bisa membangun suatu kebun raya yang luas, yang menampung semua jenis spesies tumbuhan sehingga menjadi suatu yang mengagumkan, bukan hanya bagi rakyat Indonesia, tetapi juga menjadi rujukan dunia.

“Saya sangat berharap, sebenarnya dengan bantuan semua pihak kalau bisa kita bisa mempunyai sebuah kebun raya yang dibuat oleh Indonesia, artinya setelah merdeka, yang luasnya itu memang sangat bisa mengagumkan sehingga masyarakat ke situ dan pengurus-pengurusnya tidak susah seperti sekarang ini,” kata Megawati Soekarnoputri di sela acara ‘Tour of Eka Karya Botanical’, di Kebun Raya Bedugul, Bali, Sabtu (6/8).

Dalam acara yang dihadiri belasan dubes dari Negara sahabat itu, Megawati didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Deputi Bidang Ilmu Pengatahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (IPH-LIPI) Enny Sudarmonowati, dan Bendahara Umum DPP PDIP yang juga Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Megawati menceritakan, ketika dirinya baru menjadi ketua yayasan, dari lingkungan pengurus kebun raya banyak yang menyampaikan aspirasi dan merasa prihatin karena sepertinya kebun raya itu tidak menjadi sebuah tempat untuk atraksi dan rekreasi masyarakat. Itulah kenapa pada waktu itu Megawati berupaya untuk membaguskan, memeliharanya secara lebih intens dan lain sebagainya lalu mengenalkan pada masyarakat.

“Dan sekarang kebun raya-kebun raya ini mengatakan bahwa mereka merasa boleh saya menyebutnya, pusing, tetapi pusing senang karena semakin banyak masyarakat yang datang ke sini , dan lingkungan ini seperti semakin kecil. Karena itulah, Megawati punya keinginan agar ke depan pemerintah dengan melibatkan berbagai pihak bisa membangun suatu kebun raya yang mengagumkan, baik dari sisi kewisataan maupun dari sisi kelengkapan penelitian.

Megawati mengaku sudah berbicara pada Presiden Joko Widodo bahwa ke depan Indonesia sangat membutuhkan lingkungan hidup. Hal itu harus diprioritaskan karena semuanya sudah mengetahui tantangan alam ke depan seperti antara lain perubahan iklim, global warming (pemanasan global).

“Alhamdulillah, sekarang di daerah-daerah semakin mempunyai niat untuk membuat kebun raya. Yang perlu diingat juga, ada lima hal yang menjadi fungsi dan konsennya kebun raya, yakni penelitian, pendidikan, konservasi, jasa lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat,” pungkas Bu Mega. (adk/jpnn)


BALI - Perhatian Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri terhadap tanaman didedikasikan dengan pengabdiannya sebagai Ketua Umum Yayasan Kebun Raya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News