Minum Suplemen Dari Puskesmas, Puluhan Siswi Keracunan

Minum Suplemen Dari Puskesmas, Puluhan Siswi Keracunan
Ilustrasi. Foto; AFP

jpnn.com - KENDARI - Puluhan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) 15 Kendari keracunan, Sabtu (6/8). Mereka diduga keracunan usai mengonsumsi suplemen penambah darah yang diberikan tim medis Puskesmas Mokoau.

Dari ratusan pelajar yang mendapat vitamin itu, sebanyak 24 orang di antaranya mengalami mual dan pusing sehingga harus mendapat perawatan di RSU Bahteramas, Kendari.

Menurut keterangan paramedis yang berjaga di IGD RSU Bahteramas dr. Suryansyah, para peserta didik itu diduga mengonsumsi pil penambah darah  tanpa sarapan terlebih dahulu.

Hal itu  berakibat pada naiknya  asam lambung dan menimbulkan rasa nyeri hingga mengalami mual dan pusing.  Diketahui, suplemen yang diberikan  itu mengandung Ferrous Sulfate Exsiccatus 200 Mg dan Folic Acid 0,25 Mg.

Sementara itu,  Koordinator Gizi Puskesmas Mokoau, Devi Suriani yang dikonfirmasi menjelaskan, obat yang diberikan tersebut adalah program pemerintah bagi remaja yang masuk masa subur dan telah menstruasi.

"Obat ini diberikan pada siswi yang tidak mengalami menstruasi dan dikonsumsi satu kali seminggu. Ini obat asli dan bukan palsu. Sebelumnya tidak ada kasus seperti inii pada  tiga sekolah yang kami berikan.  Kami  menduga siswi ini belum ada yang sarapan sebelum mengonsumsi obat," ujar  Devi sebagaimana dikutip Kendari Pos (Jawa Pos Group), Senin (8/8).

Guru SMPN 15 Kendari, Ilsham, M.Pd yang ditemui juga mengungkapkan, sebelumnya dua staf Puskesmas Mokoau datang,untuk menjalankan program pemerintah dengan target semua siswi dari kelas 7 sampai 9.

"Kurang lebih 30 menit setelah murid saya minum obat, langsung mual-mual. Kami suruh pegawai Puskesmas telepon ambulans untuk membawa anak-anak ke rumah sakit, tapi tidak ada yang beroperasi. Akhirnya kami pakai kendaraan pribadi bawa ke RSU Bahteramas," cerita Ilsham.

KENDARI - Puluhan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) 15 Kendari keracunan, Sabtu (6/8). Mereka diduga keracunan usai mengonsumsi suplemen penambah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News