Ayo Mencium Wangi Bunga di Tomohon International Flower Festival

Ayo Mencium Wangi Bunga di Tomohon International Flower Festival
Foto: dokumen Manado Post/JPG

jpnn.com - TOMOHON - Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016 sudah mulai berlangsung. TIFF yang sudah dimulai pada 8 Agustus 2016 itu akan berakhir pada 12 Agustus.

Kota Tomohon yang menjadi destinasi wisata di pusat tradidi Minahas itu pun bertabur bunga dengan aneka warna dan aroma. Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman menjelaskan, event utama TIFF adalah Tournament of Flower (TOF). Akan ada parade 27 kendaraan hias dengan peserta dari berbagai negara, pemerintah provinsi, kabupaten/kota serta beberapa perusahan dan perwakilan dari media massa.

“Rangkaian kegiatan ini diawali dengan event lomba paduan suara Pelayan Khusus GMIM dan lomba paduan suara kebersamaan antardenominasi agama, festival Geothermal. Selanjutnya lomba lari 10 Km, Pengucapan syukur se-Kota Tomohon, Tournament of Flowers, Festival Kuliner Pameran (Tourism, Trade, Investment & Floriculture Expo) dan Festival Band Pelajar Tingkat Provinsi Sulut,” bebernya.

Secara terpisah, Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan pola pengaturan lalu lintas untuk TIFF. Sebab, dari tahun ke tahun gelaran TIFF selalu dibanjiri mobil dan pengunjung.

Wilmar pun menjamin Polda Sulut dan jajarannya bisa mengamankan event yang gaungnya mendunia itu.  ”Kita akan rapatkan barisan dan siapkan pasukan agar nama baik Indonesia dan Sulawesi Utara terjaga dengan baik,” ujarnya.

Seperti diketahui, Tomohon kini sudah dikenal di mana-mana. TIFF diikuti peserta dari Tiongkok, Australia, New Zealand, Hongkong, Rusia, Amerika, Prancis, Thailand dan Filipina. Karena itu, TIFF pasti seru.

Kebetulan, Juli-Agustus 2016 ini Manado mulai dibanjiri wisman asal Tiongkok. Sampai pertengahan Agustus ini saja diperkirakan sudah 10 ribu wingko –sebutan untuk wisatawan Tiongkok— yang sudah menginjakkan kaki ke Kawanua, Manado. Ketika mereka menyaksikan penampilan wakil Tiongkok pada parade TIFF, tentunya hal itu membuat suasana lebih seru dan haru.

“Iya, mereka seperti punya supporter, yang didatangkan dari Tiongkok. Ini akan menjadi momentum yang bagus, buat Pariwisata. Event parade bunga di Tomohon itu akan semakin besar gaungnya di Tiongkok,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI di Jakarta.

TOMOHON - Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016 sudah mulai berlangsung. TIFF yang sudah dimulai pada 8 Agustus 2016 itu akan berakhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News