Gempar! Perampok Lubangi Atap Gerbong, Sikat Rp 9,8 Miliar

Gempar! Perampok Lubangi Atap Gerbong, Sikat Rp 9,8 Miliar
Polisi langsung siaga di dekat kereta api jalur Salem-Chennai. Foto: AFP

jpnn.com - CHENNAI – Perampokan yang terjadi di India ini bikin geleng-geleng kepala. Perampok bisa menggasak uang di dalam kereta yang dijaga petugas pada Senin (8/8). 

Tidak tangung-tanggung, mereka mencuri 50 juta rupee (Rp 9,8 miliar). Kejadian tersebut mirip dengan perampokan yang terkenal dengan sebutan Great Train Robbery di Inggris pada 1963.

’’Para perampok mungkin melompat dari kereta dan menyisir jalur sebelumnya untuk mencari uang yang mereka lemparkan,’’ ujar Inspektur Jendral Polisi M. Ramasubramani kemarin (10/8). 

Perampokan itu diketahui setelah petugas membuka gerbong untuk menurunkan uang tersebut pada Selasa pagi (9/8). 

Pihak kepolisian mengungkapkan bahwa kereta api itu melakukan perjalanan 300 kilometer dari Kota Salem ke Chennai, Negara Bagian Tamil Nadu, India. 

Kereta yang berangkat Senin malam tersebut membawa uang 5,4 miliar rupee atau setara dengan Rp 667,3 miliar. Uang yang diletakkan dalam 200 kotak itu milik Reserve Bank of India. 

Yang dicuri bukan uang baru, melainkan uang yang kondisinya sudah jelek dan akan dihancurkan. Tetapi, bukan berarti sudah tidak laku, uang tersebut masih bisa digunakan.

Para perampok itu ditengarai telah menyelinap dan bersembunyi di dalam gerbong sebelum ditutup. Polisi bersenjata yang mengamankan kiriman uang tersebut berada di gerbong sebelahnya. 

CHENNAI – Perampokan yang terjadi di India ini bikin geleng-geleng kepala. Perampok bisa menggasak uang di dalam kereta yang dijaga petugas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News