Penjelasan Kemenpora Atas Keputusan Manor Racing Terhadap Rio Haryanto

Penjelasan Kemenpora Atas Keputusan Manor Racing Terhadap Rio Haryanto
Rio Haryanto. Foto Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahrga baru saja menerima informasi dari sejumlah media, bahwa Manor Racing telah mengambil keputusan untuk tidak menggunakan lagi Rio Haryanto sebagai pembalap utamanya pada kelanjutan sejumlah balapan Grand Prix Formula – 1 tahun 2016. 

 Terhadap keputusan Manor Racing, Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto menyampaikan respons sebagai berikut:

Kemenpora kecewa dengan keputusan tersebut, karena  dalam surat Menpora Imam Nahrawi No. 2199/MENPORA/VII/2016 tertanggal 28 Juli 2016 perihal kelanjutan kiprah Rio Haryanto dalam Grand Prix Formula – 1 tahun 2016 disebutkan, bahwa Pemerintah Indonesia tetap menghendaki agar Rio Haryanto dapat terus mengikuti balapan hingga akhir sesi F-1 tahun 2016 sebagaimana yang pernah dijanjikan oleh Dave Ryan yang mewakili Manor Racing saat pertama-kali via video conference di Gedung PT Pertamina pada pertengahan bulan Pebruari 2016  menyebutkan, bahwa Rio Haryanto akan turut F-1 hingga full session tahun 2016.

Demikian pula dengan pernyataan Abdulla Boulsien pada saat kunjungannya ke Menpora pada tanggal 14 Juni 2016 yang mengatakan di depan para wartawan, bahwa kerjasama tentang Rio Haryanto tidak hanya untuk keperluaan saat ini tetapi juga untuk 2 tahun mendatang.

Kemenpora memahami bahwa Manor Racing pada tanggal 18 Juli 2016 sudah mengirimkan surat kepada Menpora, yang pada intinya mengingatkan, bahwa jika tidak ada kepastian dukungan pendanaan untuk Rio Haryanto, maka balapan yang akan diikuti Rio Haryanto hanya akan berakhir di Budapest tanggal 24 Juli 2016, dan setelah itu akan diganti oleh pembalap lain yang sudah dipersiapkan oleh Manor Racing.

Faktanya kemudian, Rio Haryanto masih bisa turut bertanding di Hockenheim – Jerman, dan untuk itu Menpora melalui suratnya tertanggal 28 Juli 2016 tersebut  menyampaikan ucapan terima kasih dan sikap apresiasi kepada Manor Racing.

Kemenpora tidak dalam kapasitas menyetujui atau menolak bagi tawaran Manor Racing agar Rio Haryanto bersedia sebagai pembalap cadangan F-1 ini, karena itu hak sepenuhnya bagi Rio Haryanto dan timnya untuk memutuskannya.

Harapan pemerintah sejak semula tetap mengharapkan Rio Haryanto dapat terus bertanding full di F-1 tahun 2016 ini.

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahrga baru saja menerima informasi dari sejumlah media, bahwa Manor Racing telah mengambil keputusan untuk tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News