Langganan Karhutla, Kada Belum Juga Tetapkan Status Siaga Darurat

Langganan Karhutla, Kada Belum Juga Tetapkan Status Siaga Darurat
Kebakaran hutan. Foto: dok.JPNN

JAKARTA - Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, lima kepala daerah telah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).  Penetapan itu dilakukan seiring meningkatnya ancaman pada puncak musim kemarau yang diprediksi terjadi September hingga Oktober mendatang.

Kelima kepala daerah tersebut masing-masing Gubernur Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Namun, dia menyesalkan kepala daerah lain belum melakukan hal serupa.

 

"Sedangkan provinsi lain yang langganan karhutla seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Sumatera Utara, hingga saat ini belum ada penetapan siaga darurat karhutla oleh gubernurnya," ujar Sutopo, Jumat (12/8).

Menindaklanjuti penetapan siaga darurat tersebut kata Sutopo, BNPB memberikan bantuan pendampingan bagi BPBD dalam penanganan karhutla. BNPB juga mengerahkan delapan helikopter water bombing, dua pesawat water bombing, dan dua pesawat hujan buatan untuk mendukung satgas udara.

JAKARTA - Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, lima kepala daerah telah menetapkan status siaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News