Selamat! Relisasi Anggaran Gorontalo Lampaui Target Nasional

Selamat! Relisasi Anggaran Gorontalo Lampaui Target Nasional
Selamat! Relisasi Anggaran Gorontalo Lampaui Target Nasional

jpnn.com - GORONTALO  - Pemerintah Provinsi Gorontalo berhasil melampaui target nasional penyerapan anggaran triwulan dua dengan 42 persen. Tingkat penyerapan Gorontalo ini juga tercatat sebagai yang tertinggi secara nasional di triwulan dua.

Tercatat hingga Juni 2016, realisasi fisik yang ditargetkan 44,15 persen, berhasil dilampaui dengan 47,81 perse. Kemudian, realisasi keuangan yang ditargetkan 38,36 persen, berhasil menembus angka 42 persen. Capaian ini juga lebih baik dari periode yang sama tahun sebelumnya, di mana realisasi fisik hanya sebesar 46,90 persen dan realisasi keuangan hanya mencapai 38,63 persen.

“Alhamdulillah tahun ini Pemprov Gorontalo meraih peringkat pertama penyerapan anggaran nasional, yang diberikan pada saat Rakornas evaluasi penyerapan anggaran di Kupang, NTT, pada 3 Agustus lalu,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Jumat (12/8).

Selain itu, untuk penyerapan anggaran APBN  untuk tahun anggaran 2016,  provinsi Gorontalo memperoleh alokasi pagu sebesar 4,24 triliun rupiah. Dari total pagu tersebut, anggaran yang sudah terealisasi pada semester satu 2016 sebesar Rp 1,6 triliun atau 39,16 persen. Persentase ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan semester satu 2015, yang hanya mencapai 21,50 persen.

“Penyerapan APBD dan APBN kita cukup baik. Keberhasilan ini bukan semata untuk mengejar peringkat, tetapi sepenuhnya demi kepentingan masyarakat Provinsi Gorontalo karena hingga saat ini roda perekonomian kita masih dominan digerakkan oleh anggaran pemerintah,” kata Rusli Habibie.

Sementara itu, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan, , keberhasilan dalam penyerapan anggaran ini tak lepas dari kinerja seluruh SKPD Provinsi dan kabupaten/kota. Juga instansi vertikal yang telah bekerja maksimal dan membangun sinergitas yang baik, sehingga pelaksanaan program dan kegiatan berjalan lancar dan sukses.

“Hal yang kami tekankan adalah prinsip 5T dalam pelaksanaan kegiatan, yaitu tepat waktu, tepat sasaran, tepat volume, tepat kualitas, dan tepat anggaran,” kata Idris Rahim. (dil/jpnn)


GORONTALO  - Pemerintah Provinsi Gorontalo berhasil melampaui target nasional penyerapan anggaran triwulan dua dengan 42 persen. Tingkat penyerapan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News