Beri Kado Kemerdekaan, PLN Hidupkan Jaringan Listrik Di 15 Desa Pelosok

Beri Kado Kemerdekaan, PLN Hidupkan Jaringan Listrik Di 15 Desa Pelosok
Ilustrasi. Foto dok JPNN

jpnn.com - PEKALONGAN - Komitmen PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menerangi negeri terus dilakukan.

PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY misalnya, telah melakukan peresmian penyalaan listrik pertama bagi pelanggan dalam program listrik pedesaan.

"Tak kurang dari 800 Kepala Keluarga dari sembilan kecamatan dan 15 desa yang tersebar di Kabupaten Batang dan Pekalongan mulai hari ini bisa merasakan listrik," ucap Nasri Sebayang, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN, Selasa (16/8).

Sebelumnya, PLN telah menyelesaikan penarikan jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 20.970 meter sirkuit (mtrs), jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 13.327 mtrs dan pembangunan gardu distribusi sebanyak 20 buah. Dengan total investasi untuk listrik desa baru ini mencapai 5,7 miliar.

Penyalaan listrik desa ini, kata Nasri, bukan tanpa kendala, sebab harus melalui medan terjal yang sulit dijangkau dan melewati pegunungan. Beruntung, berkat bantuan Pemda setempat dan warga yang rela membantu menjadikan penyambungan ini bisa terwujud.

"Kami senang akhirnya warga di pelosok bisa merasakan manfaat listrik, untuk itu kami berterima kasih kepada PLN dan senantiasa akan membantu untuk mengatasi kendala yang ada," imbuh Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti.

Selain peresmian penyalaan listrik desa, PLN juga menggelar sosialisasi ketenagalistrikan yang diikuti siswa SD dan SMP Bantar Kulon Pekalongan. Dalam Sosialisasi itu, PLN menjelaskan mengenai proses pembuatan sampai dengan pemakaian listrik.

Sehingga diharapkan anak-anak bisa memahami dan menggunakan listrik secara bijaksana. (chi/jpnn)


PEKALONGAN - Komitmen PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menerangi negeri terus dilakukan. PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY misalnya, telah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News